Oleh: Ida Raihan | 2 Januari 2008

Kisahku dengan Teman Sepiku

Adalah suatu kepuasan tersendiri apabila kita bisa membuat orang lain merasa tenang dan damai. Inilah yang aku alami selama lebih-kurang satu tahun. Sejak Nopember 2007, setahun mundur kebelakang. Sering aku dapati HPku mendendangkan sebuah lagu yang telah di set sebagai Ringing Tone. Lagunya Bang Akhil Hay, Selimut Putih. Itu adalah pertanda sebuah panggilan masuk.

Aku yakin, hampir semua orang kalau mendengar HPnya berdering pasti akan segera mengangkatnya. Karena bisa jadi ada hal penting yang akan disampaikan oleh penelpon. Begitu juga denganku. Setiap kali mendengar lagu Selimut Putih dari HP, buru-buru aku meninggalkan apa yang sedang aku lakukan. Untuk mengangkat panggilan. Yang biasanya dalam sehari lebih dari empat atau lima kali.

“Assalamu’alaikum..” Begitu aku selalu mengawali sapaan terhadap penggemarku ( Few :-“ sok punya penggemar segala).

“Wa’alaikumsalam..,” jawaban dari seberang.

“Mbak Qq ( Kiu-Kiu ), aku mau nelpon lagi jangan diangkat ya?” pinta suara dari seberang.

“O, oke,” sahutku. Klik. Seraya menutup hp Nokia yang selalu menemaniku dalam sepi ( Ceile…, padahal untuk nge-Game ) Hehehe…

Aku sudah faham kenapa banyak diantara teman”ku yang meminta agar aku tidak mengangkat hpku apabila ia berbunyi. Karena aku sudah sering mendengar alasan mereka. Baik yang dari luar Negeri ( Biasanya telpon ketika tengah malam- ketika diriku sedang enak” nya dibuai mimpi), maupun yang tinggal se Negara denganku.

“Aku merasa damai jika mendengar lantunan Conecting Tone (Nada Sambung)mu.”

“Aku sedang stress, aku ingin mendengarkan Nada Sambungmu. Aku merasa tenang jika mendengarnya.”

“Lagu, Nada Sambungmu bisa membuatku tentram Mbak.”

Begitulah yg disampaikan oleh sekian banyak teman-teman padaku. Tanpa aku tanya. Tentu saja aku selalu tersenyum senang dengan semua itu. Ternyata lagu pilihanku untuk dijadikan Nada Sambung telah membuat banyak teman merasa damai, tentram, dan tenang.

Hingga suatu hari, “Mbak aku mau menelpon jangan diangkat ya?”

“Kenapa Mbak Azma? Stress lagi ya?” Tanyaku karena sebelumnya ia memang sudah sering melakukan ini. Ia hanya tertawa. Lalu menutup HPnya. dan beberapa detik kemudian HPku sudah mulai bernyanyi lagi. Lagi, dan lagi.. sampai berkali”. Dan itu berlangsung hingga hari selanjutnya.

“Itu yg nyanyi siapa? Dan judulnya apa Mbak?” tanya Mbak Azma dihari selanjutnya.

“Kalau nggak salah Sakura yg nyanyi. Judulnya aku lupa.” Sahutku.

Kurang lebih dua minggu kemudian, aku menerima buletin yang memang aku dapatkan setiap bulannya. Buletin yg diisi ole
hku sendiri dan teman-teman (Dari kami untuk kami. Sharing ilmu ).

Aku buka-buka halamannya. Aku baca. Hingga sampai pada Opini yang berjudul, NADA DERING DAN NADA SAMBUNG. Yang ditulis dengan baik oleh Mbak Azma. Aku terhenyak membacanya. Tema-nya adalah perusakan makna pada ayat-ayat suci. Ia mengambil beberapa contoh dari Al-Qur’an yang dianggapnya bs terjadi kerusakan makna, jika dijadikan sebagai nada sambung ataupun nada dering. Surat Al-Baqarah ayat 111, yang menjadi pilihannya. Tetapi di sini aku akan menggunakan ayat lain, yang aku rasa lebih tepat lagi. Yaitu,

“Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah sebagai bentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah. [QS: Ali Imran 49]

Pada ayat tersebut, jika bacaannya sampai pada menjadi seekor burung, lalu ianya terputus,maka jelaslah, makna ayat tersebut telah berubah.

Dan ternyata, tanpa aku sadari selama setahun itu, aku seringkali melakukan kesalahan dengan memotong kalimat yang seharusnya bermakna, Tiada Tuhan selain Allah. Menjadi Tiada Tuhan. (Terima kasih banyak aku ucapkan pada Mbak Azmaul Azizah yang telah mengingatkanku. Semoga Allah SWT. sentiasa menjagamu).

Dan setelah itu, para penelponku (yg sudah membaca opini di buletin tentu), menyuruhku untuk segera mengganti nada sambungku. Karena aku selalu mengangkat panggilan ketika lagu sampai pada kalimat ‘walaa Illaha..’ yg berarti: dan tiada Tuhan.

Inilah bunyi nada sambungku ketika itu, Walhamdulillah.. walaa Illaha Illallhu.. Allahu Akbar.. Subhanallah.. yang kemudian aku ketahui berjudul Tasbih dari Sakura. Dan sekarang telah aku ganti dengan judul ‘Assalamu’alaikum’ dari Raihan.

Nah.., bagi Anda yang di handphone(nada dering maupun nada sambung)nya masih berupa ayat atau kalimat, yang bisa menyebabkan terjadinya perusakan makna, silahkan pikirkan kembali…

Iklan

Responses

  1. Terharu, terhenyak aku ketika membaca postingan ini… Tak pernah terbayangkan olehku akan seperti ini penjelasannya.. Makasih Qiu.. Aku juga mau ngasih dikit saran kepada teman2 yang sering menulis sms ‘ insya Allah’ dan diganti menjadi insya4JJI.. Memang jika dibaca secara menggunakan bahasa arab, kata 4JJI itu terbaca Allah, tapi…. ada sebuah penjelasan di kalangan Nasrani bahwa ini adalah singkatan dari For Jesus Judas Isa al Masih… Hati2 dengan format sms ini… Saran saya, lebih baik ditulis apa adanya…. Makasih

  2. Mbak Kiu-kiu setiap aku ol gak pernah ol lg deh…, membaca tulisan diatas aku jadi teringat akan firman Allah yg berbunyi. “Bisa jadi kamu menyulkai sesuatu padahal ia buruk bagimu”

  3. untung aq ga pernah pake nada sambung, ngirit. hehehe…

  4. cewekblora said: untung aq ga pernah pake nada sambung, ngirit. hehehe…

    Yeeee…, Kan kita bisa memberi fasilitas hiburan gratis pada pendengar setia hp kita.. :D, klo kt membuat org lain sng kan berpahala tu.. hikz..

  5. omtri said: Terharu, terhenyak aku ketika membaca postingan ini… Tak pernah terbayangkan olehku akan seperti ini penjelasannya.. Makasih Qiu.. Aku juga mau ngasih dikit saran kepada teman2 yang sering menulis sms ‘ insya Allah’ dan diganti menjadi insya4JJI.. Memang jika dibaca secara menggunakan bahasa arab, kata 4JJI itu terbaca Allah, tapi…. ada sebuah penjelasan di kalangan Nasrani bahwa ini adalah singkatan dari For Jesus Judas Isa al Masih… Hati2 dengan format sms ini… Saran saya, lebih baik ditulis apa adanya…. Makasih

    Sebuah penjelasan yg bagus Om Tri. Mas Tri tulis aja di blog. Dan itu kayaknya Judas dulu baru Jesus. Soalnya gak ada yg namanya, Judas Isa al Masih. Tp klo Jesus Isa al Masih, ada.

  6. qqcakep said: Dan mereka (Yahudi dan Nasyrani) berkata: “Sekali2 tidak akan masuk surga kecuali orang2 (yang beragama) Yahudi atau Nasyrani.

    assalamu’alaikum. mau corat-coret lagi niiiiii itukan kata mereka, jadi potongan ayat diatas nggak masalah tuh nggak ada penyimpangan sama sekali. menjadi masalah jika kutipan itu kita anggap salah artinya kita memberikan kutipan tersebut sebagai contoh adanya penyimpangan padahal contoh kutipan tersebut tidak menunjukan penyimpangan. afwan ya, jika kita ingin mengutif kalimat diperlukan kehati2an jangan sampai kutipan yang kita maksud tidak sesuiai dengan apa yang kita harapkan. mungkin qq ingin memberi contoh tentang penyelewengan kalimat “ayat alquran” seperti kutipan diatas salah satunya dan qq menganggap kutipan diatas mengandung sebuah penyimpangan. coba telaah kembali kutipan itu. ana pikir kutipan diatas kurang tepat untuk dijadikan contoh sebuah penyimpangan karena tidak ada penyimpangan makan padanya. justru jika kita mengaggap kutipan itu salah atau mengandung makna salah –seperti qq intepretasikan bahwa “hanya orang yahudi dan nasrani yang masuk surga saja” adalah sebuah penyimpangan dan suatu yang salah– berarti secara tidak sadar kita telah melakukan penyimpangan. jadi jangan sampai kita ingin mengungkapkan penyimpangan kita sendiri menyimpang. adalah suatu kesalahan jika kita menganggap salah sesuatu padahal sesuatu itu tidak bermasalah.afwan sekiranya komen ana belum santun ini hanya sebuah coretan bila kurang puas ato kurang jelas, jangan cemas, segera komen balas, semoga qq makin cerdas, btw apa bener hpnya pake kartu as.wassalamu’alaikum^_____@

  7. siangyun said: Mbak Kiu-kiu setiap aku ol gak pernah ol lg deh…, membaca tulisan diatas aku jadi teringat akan firman Allah yg berbunyi. “Bisa jadi kamu menyulkai sesuatu padahal ia buruk bagimu”

    Yupz.. ada dlm Surat: Al-Baqarah. Ayat 216.

  8. sophistic2 said: assalamu’alaikum. mau corat-coret lagi niiiiii itukan kata mereka, jadi potongan ayat diatas nggak masalah tuh nggak ada penyimpangan sama sekali. menjadi masalah jika kutipan itu kita anggap salah artinya kita memberikan kutipan tersebut sebagai contoh adanya penyimpangan padahal contoh kutipan tersebut tidak menunjukan penyimpangan. afwan ya, jika kita ingin mengutif kalimat diperlukan kehati2an jangan sampai kutipan yang kita maksud tidak sesuiai dengan apa yang kita harapkan. mungkin qq ingin memberi contoh tentang penyelewengan kalimat “ayat alquran” seperti kutipan diatas salah satunya dan qq menganggap kutipan diatas mengandung sebuah penyimpangan. coba telaah kembali kutipan itu. ana pikir kutipan diatas kurang tepat untuk dijadikan contoh sebuah penyimpangan karena tidak ada penyimpangan makan padanya. justru jika kita mengaggap kutipan itu salah atau mengandung makna salah –seperti qq intepretasikan bahwa “hanya orang yahudi dan nasrani yang masuk surga saja” adalah sebuah penyimpangan dan suatu yang salah– berarti secara tidak sadar kita telah melakukan penyimpangan. jadi jangan sampai kita ingin mengungkapkan penyimpangan kita sendiri menyimpang. adalah suatu kesalahan jika kita menganggap salah sesuatu padahal sesuatu itu tidak bermasalah.afwan sekiranya komen ana belum santun ini hanya sebuah coretan bila kurang puas ato kurang jelas, jangan cemas, segera komen balas, semoga qq makin cerdas, btw apa bener hpnya pake kartu as.wassalamu’alaikum^_____@

    Wa’alaikumsalam wr. wb. Yupz Mas Sophistic2…, sbnrnya ddlm Al-Qur’an itu sndrkan tdk ada tlsn Yahudi dan Nasrani. Aِِِِrabnya و قا لو ا لن يد خل الجنة الا من كا ن هو د ا او نصر يNah disana nggk ada kata” Nasrani ato Yahudi. Klo yg membaca org yg sdh faham Al-Qur’an mungkin bs lgsng fhm. Tp klo yg mendgr org yg msh awam, dan bkn org Indonesia, bgaimana? Krn sbnrnya kalimat dlm kurung itu yg naruh adalh penterjemah Indonesia. agr kt memahami. Baiklah.. aku memg msh sgt” kurang dlm pengetahuan ilmu agama. Muakasih buanyak ats kritiknya yg membangun.Aku tunggu kelanjutannya. Jgn khawatir, untuk kebaikan Qq gak akn prnh marah kok. Justru seneeeeeng klo ada yg ksh masukan..

  9. qqcakep said: Sebuah penjelasan yg bagus Om Tri. Mas Tri tulis aja di blog. Dan itu kayaknya Judas dulu baru Jesus. Soalnya gak ada yg namanya, Judas Isa al Masih. Tp klo Jesus Isa al Masih, ada.

    makasih koreksinya. btw, postingan itu aku nggak berani post di blog coz aku masih menganggap itu hal sensitif. kan blog-ku blog nasional. beda platform ama blog QQ. QQ kan konsen ke nada dan dakwah… hehehe

  10. qqcakep said: Nah disana nggk ada kata” Nasrani ato Yahudi. Klo yg membaca org yg sdh faham Al-Qur’an mungkin bs lgsng fhm. Tp klo yg mendgr org yg msh awam, dan bkn org Indonesia, bgaimana?

    Assalamu’alaikum, wah corat-coret lagi…….niiiii هو د ا او نصر يinikan menunjukan kata nasrani dan yahudi. bisa saja kata ini berbeda bunyi atau ejaan karena diterjemahkan dari berbagai bahasa tetapi makna kandungannya tidak akan ada perbedaan. mungkin orang lampung bilang kedua kata tersebut dengan o’e untuk هو دا dan e’o untuk نصر ي ato orang india bilang jhacha هو دا dan nahchi untuk نصر يu dsb. jadi jika yang mendengar ato menyebut kata tersebut bukan orang indonesia maka kedua kata tersebut boleh diganti menurut ejaan bahasa yang mudah untuk dilafazkan yang kagak boleh adalah mengganti makna yang dimaksud. kemudian untuk orang awam pun demikian biarlah mereka mengucapkan ato menangkap kedua kata tidak sama persis pada ejaan Alquran yang terpenting pemahaman maknanya tetap tidak berubah bahwa kedua kaum iniهو د ا او نصر ي adalah kaum yang telah Allah nyatakan penyimpangannya dalam beragama. ini bukan berarti kita boleh seenaknya saja membaca alquran, perubahan kata ato bunyi lafaz ini adalah sebagai terjemah saja untuk memudahkan pengucapan dan mengingat sehingga memudahkan juga untuk menuju pada pemahaman konsepsi makna yang diinginkan alquran sendiri. woke…..cukup sekian dulu coretannya, syukron……………………^__@wassalamu’alaikum.

  11. Yg aku mksd bkn Nasrani dan Yahudi stlh ‘kecuali orang2’ Akhy Sophistict. Tetapi setelah kalimat ‘mereka’ , Tp sebaiknya memang aku perbaharui sj Akhy. Krn gak mungkin ada org lain baca selain yg paham bhs Indonesia.

  12. aku kok masih bingung ya… memahami bacaan itu…bener2 awam banget nih….itu terkandung dlm surat apa dan ayat berapa sih……

  13. cupluk0025 said: aku kok masih bingung ya… memahami bacaan itu…bener2 awam banget nih….itu terkandung dlm surat apa dan ayat berapa sih……

    Klo yg Mas Eko baca adlh commentku dgn Mas Sophistic, tntu Mas Eko akn bingung. Tetapi jk Mas Eko mbaca tlsn yg Qq post diatas tdk akn bingung. Krna yg dibicarakan antara Qq dan Mas Sophistic itu edisi yg lalu. Yg blm di revisi…, Ayat tersebut adlh QS: Al-Baqarah ayat 111 .

  14. >>>>>>>LAGU KESUKAAN ULIL>>>>>>

  15. Wah jadi salah artian…….Mang segala sesuatu harus memerlukan ketelitian dan landasan dasar

  16. cewekimanis said: Wah jadi salah artian…….Mang segala sesuatu harus memerlukan ketelitian dan landasan dasar

    Yupz.. bener bgt Mbak Manis..

  17. bagus qq….ajari aq dunk,,,??!!lam kenal ya….

  18. hick nb dikitnih lagu favorit gue Q…makasih ya…!!???

  19. teguk988 said: bagus qq….ajari aq dunk,,,??!!lam kenal ya….

    Ajarin apa nie? Yupz.. lam kenal juga. >:D<!–

  20. km itu bs berkata-kata banyak,luar biasaaq yg cm baca aja capek apa lagi nulis welehweleh………biar lebih banyak fannya no hp km kasih keaq biar aq miscall terus hihihihih…..

  21. abidinagano said: km itu bs berkata-kata banyak,luar biasaaq yg cm baca aja capek apa lagi nulis welehweleh………biar lebih banyak fannya no hp km kasih keaq biar aq miscall terus hihihihih…..

    Hikz… Org baek neh. Mau ngerjain izin dulu ama yg mau dikerjain. Wew.. Yg bener aja Kang Aby.. Kikikikikik..

  22. wah ga pernah pk nada sambung,…abis bayar sih, eh tp bagus postinganya, postingan sepele namun informatif,…tks infonya

  23. genx1504 said: wah ga pernah pk nada sambung,…abis bayar sih, eh tp bagus postinganya, postingan sepele namun informatif,…tks infonya

    Yupz.. Sama Mas Genx1504. Smg bermanfaat. Wew.. ternyata disini tah? Td blm nengok sih? He.. Maaaaaaf bgt ya?

  24. wahhh aku vavorit banget dengan ustat akhil hay..soal nya enak banget loo mbak

  25. nagabonar1 said: wahhh aku vavorit banget dengan ustat akhil hay..soal nya enak banget loo mbak

    Syukur kalau gitu… Dulu beliau adalah penyanyi rock. Dan sekarang dah berbalik ke dakwah.. Qq juga suka bgt dgn lagu” beliau…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH – JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

Dari satu tempat ke tempat lain kita bercerita dan berkarya untuk Nusantara

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Mr. Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: