Oleh: Ida Raihan | 6 Januari 2009

Wajah Itu.

Waktu itu, senja di depan library. Ketika aku menemui seorang teman, untuk kemudian berjanji mengantarnya ke bandara pada Jum’at mendatang.

Ramai teman yang sedang berkumpul bersamanya. Aku duduk di antara keramain canda mereka. Diselingi dengan cemilan yang melimpah. Tapi aku, di sini, di pojok hati ini, merasakan sepi yang teramat sangat. Sepi walau tidak sendiri.

Ada hal yang menggangu pikiranku. Wajah temanku. Wajah yang mengingatkanku pada sabda Nabi, “Wanita dinikahi karena empat perkara. Hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah yang beragama, mudah-mudahan kamu akan terpelihara dan bahagia.” (Bukhari – Muslim).

Pikiranku melayang, teringat pada belasan tahun yang lalu, ketika aku masih muda, aku bisa dikata sebagai manusia yang tidak gaul. Beda sekali dengan kedua kakak perempuanku yang dikenal dan mengenal. Aku lebih memilih menurut pada orangtua untuk tidak keluyuran. Entahlah, yang mana lebih tepatnya. Menurut nasihat orangtua, atau minder untuk bergaul. Yang jelas beberapa teman menjulukiku gadis pingitan.

Aku minder karena aku memiliki wajah yang teramat beda dengan kedua kakakku. Dan juga adik-adikku. Mereka semua memiliki wajah yang siapapun mengakui kecantikannya. Dan ini sering membuatku curiga, jangan-jangan aku anak nemu di pinggir hutan. Hikz…

Tuing Tuing banget dah. Pak Lik saja pernah bilang, “Qq loh, ora ayu. Tapi… (terusannya Qq keburu malez dengar) He…

Kembali ke wajah itu, aku teringat suatu nasihat yang entah dari mana. Aku sudah terlupa.

Harta. Bahwa sesungguhnya harta kita hanyalah apa yang kita pakai dan kita makan saat ini. Jika kita menyimpan harta lain yang menggambarkan kekayaan, sesungguhnya ianya bisa hilang dalam waktu sekejap. Ia bisa hancur sewaktu-waktu.

Keturunan. Keturunan ningrat, tidak akan menjamin kita menjadi manusia ningrat. Keturunan ulama besar, belum tentu anaknya akan menjadi ulama besar jua. Keturunan bajingan belum tentu anaknya akan menjadi bajingan. Ini betul.

Kecantikan. Kecantikan akan berkurang dan menghilang beriring dengan berjalannya waktu. Waktu yang mengantar manusia pada masa tua. Masa keriput. Masa yang benar-benar menyita kecantikan masa muda.

Dan wajah itu, wajah yang bertahun-tahun lalu membuat aku tidak berani duduk berdampingan dengannya. Membuatku tidak berani berjalan dalam satu rombongan dengannya. Wajah yang mampu menarik hampir seluruh pemuda kampung dan sekitar mendatanginya. Demi mengharap perhatiannya. Entah kesalahan apa yang telah ia lakukan dalam perawatan. Wajah itu telah rusak. Rusak sekali.

Pada akhirnya kutarik sebuah pelajaran, ini adalah bukti nyata. Bahwa kecantikan tidaklah abadi. Kecantikan hakiki adalah kecantikan perilaku dan sifat. Bukan hanya pada kecantikan wajah.

Selasa 6 January 2009.

Iklan

Responses

  1. mbak yu dah measa tua yah… padahal masih muda kok…dan masih keliatan cuantik lagi….

  2. qqcakep said: Kecantikan hakiki adalah kecantikan perilaku dan sifat. Bukan hanya pada kecantikan wajah.

    itu betul qq kuh…kecantikan yg hakiki keluar dr dalam hati..tp kamu jangan minder..lihatlah ke bawah masih banyak saudara kita yg banyak kekurangannya jgn melihat ke atas terus bisa jatuh nanti..

  3. isnanto said: mbak yu dah measa tua yah… padahal masih muda kok…dan masih keliatan cuantik lagi….

    Hehe… Emng blm tahu ya? Klo Qq tuh dah dipanggil nenek, bunda, dan bu. Hikz…

  4. cupluk0025 said: itu betul qq kuh…kecantikan yg hakiki keluar dr dalam hati..tp kamu jangan minder..lihatlah ke bawah masih banyak saudara kita yg banyak kekurangannya jgn melihat ke atas terus bisa jatuh nanti..

    Hikz… ya sapa tahu di atas sana ada bintang yang dekat dengan jangkauan gitu. Kikikikik…

  5. S7.yg terbaik n utama emang yg agamanya baik.Tp g salahkan kalo nyari bonus spt cantiq,pintar,kaya n bangsawan..he2..Tp apa ada y jaman kyk gini ada wanita yg kyk gt..?Tp kalo ada…Wah…minder jadinya..Ahh,Mending ilih yg standar sj.

  6. hokage5056 said: S7.yg terbaik n utama emang yg agamanya baik.Tp g salahkan kalo nyari bonus spt cantiq,pintar,kaya n bangsawan..he2..Tp apa ada y jaman kyk gini ada wanita yg kyk gt..?Tp kalo ada…Wah…minder jadinya..Ahh,Mending ilih yg standar sj.

    Hahahaha… Insya Allah msh ada Nanda. Klo disuruh pilih, semua org pasti milihnya ya yg seperti Nanda Hokage gambarkan itu. Tp ya itu, Kehendak Allah tidak selalu sesuai dengan keinginan manusia. Setuju jugakan?

  7. S7 lg bu qq.emang bu qq teopebegete..

  8. hokage5056 said: S7 lg bu qq.emang bu qq teopebegete..

    Hikz.., tentu saja. Bu Qq jg klo diizinkan akan memilih yang tampan, gagah dengan tubuh atletis, kaya raya, beriman, shaleh, keturunan yang baik, punyai kedudukan tinggi. Dan… mmm apalagi ya? Pokoknya yg sempurnalah. Tapi, Nanda tentu igt firman Allah, ‘Pria baik untuk wanita baik,’ dan sebaliknya…

  9. kecantikan abadi tuh didasar hati dan keimanan seseorang..mr raih kecantikan hakiki..bukan bgt Qq,,kan HSnya Qq cakep ^_^

  10. zukruf85 said: kecantikan abadi tuh didasar hati dan keimanan seseorang..mr raih kecantikan hakiki..bukan bgt Qq,,kan HSnya Qq cakep ^_^

    Subhanallah. Yupz. betul bgt Ukhty Zukruf. Semoga kita mampu meraih kecantikan itu.

  11. aminn..semoga..

  12. mbak qq cantik kok 🙂 lagian kan Alloh juga yg bilang di surat At-tin(95) :4. tul gak??

  13. duhh..smp brasa anak nemu gt heheh..diklgku jg ada ka2ku yg laen ndiri..yg laen putih…dia ndiri yg item xixixii..itu mah wajar…dan betul…wajah bkn sgalanya..tp akhlak lbh utama..lgan..kt sapa qq ini ora ayu..lah wong nama MP nya aja Qq cakep..(udh memploklamirkan diri cakep kann??!! hehehhe)

  14. meyta2205 said: mbak qq cantik kok 🙂 lagian kan Alloh juga yg bilang di surat At-tin(95) :4. tul gak??

    Qq Cakep kali…, He. Kok baru ketahuan sekarang nie postingan Jeng Meyta? Hkz…

  15. neesanoche said: duhh..smp brasa anak nemu gt heheh..diklgku jg ada ka2ku yg laen ndiri..yg laen putih…dia ndiri yg item xixixii..itu mah wajar…dan betul…wajah bkn sgalanya..tp akhlak lbh utama..lgan..kt sapa qq ini ora ayu..lah wong nama MP nya aja Qq cakep..(udh memploklamirkan diri cakep kann??!! hehehhe)

    Kenapa ya Mbak, dalam satu keluarga ada yang beza gitu? Hikz…Yupz. Qq cakep. Hahahahhaha…

  16. qqcakep said: Kecantikan hakiki adalah kecantikan perilaku dan sifat

    Amat setuju. Dan sikit ngenal Sang Tercantik/Terbijak,kerna dengan ngenal kecantikanNya tusegalanya kok klihatan lebih cantik, lebihmenenangkan dan lebih beri-harapan.

  17. mutitem said: Amat setuju. Dan sikit ngernal Sang Tercantik/Terbijak,kerna dengan ngenal kecantikanNya tusegalanya kok klihatan lebih cantik, lebihmenenangkan dan lebih beri-harapan.

    Yupz. Sepakat Akhy Muti 🙂

  18. qqcakep said: Yupz. Sepakat Akhy Muti 🙂

    🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH – JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

Dari satu tempat ke tempat lain kita bercerita dan berkarya untuk Nusantara

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Mr. Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: