Oleh: Ida Raihan | 20 Februari 2009

Arti Persahabatan.

“Mbak Qq, tugasmu sudah dikirim?”

“Tugas?”

“Kamu kemarin tidak hadir, jadi kamu harus bikin jurnal.”

“Upz…, ok, akan kubuat segera.”

“Jangan lupa. Surat izin tulisan tangan harus tetap diserahkan.”

“Ok.” Menyebalkan! Aku tidak ingin mematuhinya! “Aku gak hadir karena menghadiri wisuda Mbak A.”

“Kasihan, diriku disingkirkan.”

End –

Pukul 19:12pm. Dengan A

“Mbak Qq, njenengan ngomong apa sama B? Aku sangat lelah. Pekerjaanku masih numpuk. Tenagaku sudah terkuras. Lha kok masih ketambahan masalah ini?”

“Mbak bicara apa? Ada apa? Kenapa?”

“Baca tuh SMS.” Sahutnya.

“Aku gak hadir ke markas tapi menghadiri wisuda Mbak A.” Entah mengapa tiba2 hatiku sedih, kecewa, merasa tersisihkan hingga airmata tak dapat kutahan.. karena aku bukan teman istimewa. Benar kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. And mencari musuh gampang tapi mencari teman tak semudah membalikkan telapak tangan.. sendiri biarlah kusendiri…”

…gak papa, sebagai bahan perenungan buatku. Gak usah dijelasin. Aku kalau ingat jadi mau nangis. Persahabatanku seperti cinta bertepuk sebelah tangan. Sudah gak usah dibahas. Aku jadi sedih.

Begitu bunyi SMSnya. Dikirim oleh B kepada A, yang kemudian diforward kepada Qq,

Hmm.. apakah ini yang dinamakan persahabatan yang terluka? Sebenarnya apa persahabatan itu? Apakah persahabatan memang benar-benar harus selalu bersama? Pertanyaan ini mengantarku pada keingin untuk mengadakan survey kecil-kecilan. Akhirnya kumulai dari teman-teman di YM.

Dan ini hasilnya.

Persahabatan adalah satu jiwa dalam dua (Atau mungkin tiga) tubuh. [Lampung]

Sahabat ikhlas memberi tanpa berharap kembali. [Lampung]

Sahabat itu adalah dorongan ketika engkau hampir berhenti, petunjuk jalan ketika engkau tersesat, membiaskan senyum sabar ketika engkau berduka, memapahmu saat engkau hampir tergelincir, dan mengalungkan butir2 mutiara doa pada dada mu. [Solo]

Persahabatan itu…….

Bebas dialami. Untung-malang tetap bersama. Tidak memaksakan kehendak. bisa mendengarkan dengan hati

Persahabatan itu hanya bisa dialami dan dijalani.

Tidak hanya maunya bercerita terus, tetapi memberi kesempatan kepada yang lain juga untuk bercerita

Bisa membedakan antara mendengar dan mendengarkan. Mendengarkan yang baik adalah yang dengan sepenuh hati. artinya………….ikut terlibat dalam afeksi (rasa dan perasaan) dan emosinya.

Ikut bersedih bila sahabat sedang bersedih meskipun mungkin kita baru saja mendapat kabar membahagiakan dari keluarga kita. Atau kita ikut bergembira dan berbahagia karena keberhasilan sahabat kita meskipun kita sedang menghadapi situasi krisis keuangan [Jogja]

Di sebuah persahabatan ada sebuah perselisihan yang akan membuat kita menjadi marah atau benci tapi di balik itu semua kalau kita bisa menyatu kembali maka akan terjalin persahabatan yang akan menjadi lebih kuat.

ketika seorang sahabat meniggalkan kita tetes demi tetes airmata keluar dari kedua mata.

sahabat semangat hidup bagi kita semua.jangan pernah kamu meninggalkan sahabat kamu.

pohon tidak akan di sebut pohon kalau ga ada batangnya.

persahabatan tak akan mantap kalau tidak ada perselisihan.

misteri persahabatan masih dipertanyakan dalam hati.

dikala semua kenangan yang kita jalin di situ pula akan tersipan di hati kita.

mana mungkin kenangan itu bisa hilang begitu saja dalam hati kita.

yakin kalu semua kenangan itu masih ada dalam diri kita.

ketika kalian merasa rindu pada teman kalian jangan pernah lupakan kenangan yang pernah kita jalin bersama [Jogja]

Apa, bagaiamna menurut Anda?

Jum’at 20 February 2009

Iklan

Responses

  1. persahabatan itu laksana bintang dan gelap malam…saling melengkapi..bintang memberikan cahaya,..dan bintang akan tampak bercahaya ketika malam ada..so saling melengkapi dan memberi..jgn byk menuntut..tp….saling memberi..

  2. qqcakep said: Sahabat itu adalah dorongan ketika engkau hampir berhenti, petunjuk jalan ketika engkau tersesat, membiaskan senyum sabar ketika engkau berduka, memapahmu saat engkau hampir tergelincir, dan mengalungkan butir2 mutiara doa pada dada mu. [Solo]

    ini ngutip daru ujecenter.com tuh… Persahabatan adalah satu jiwa dalam dua raga….

  3. sahabat itu adalah cermin..jadi jika kamu bisa melihat “wajah” kita sendiri saat memandangnya..mungkin dia emang sahabat kita….jadi jika sahabat itu baik, maka kita juga pasti baik….

  4. alangkah sepinya perjalanan ini bila tanpa sahabat,,sahabat itu bagai saudara kandung bg ku,,di saat aku jauh dr kluarga n krabat,merekalah yg jadi saudara dekat ku,,saat kumulai lari dr jalur hidup ku,merekalah yg memberi , mengingatkan n menasihati ku akan kehilafan itu,,saat sakit,mrk lah yg jaga,nanyakan pa dah mnum obat pa blom,saatjenuh,lelah,sedih,mereka sllau mencoba menghibur n menenangkan ku,,aku g tau arti ato defenisi dr sahabat itu,tp yg ku alami, mereka sgt penting bg ku,mereka pahlawan tanpa pamrih bg ku,ahhhh sobattttt ,sobatt… moga suatu hr klak kita semua bs bersama dan berbagi lg,,,.~_T

  5. Sahabat..Teman kontrakan..Teman ngaji..Teman tim sepakbola..Teman kuliah..Teman kerja..He2..beda boleh khan?

  6. Arti sahabat buatku adalah sangat pentingapa lagi kalu seperti sekarang ini, jauh dari keluarga dan orang² yang kita cintaiDengan adanya sahabat. teruatama temen² baik ku di dunia maya seperti dirimu Q.Alhamdulialh……..di kalau aku susah, sedih, sepi. ada ajah yang meghibur kusehingga aku berpikir……….what the hell life without a friend (ship)

  7. zukruf85 said: persahabatan itu laksana bintang dan gelap malam…saling melengkapi..bintang memberikan cahaya,..dan bintang akan tampak bercahaya ketika malam ada..so saling melengkapi dan memberi..jgn byk menuntut..tp….saling memberi..

    Syukron Akhy Zukruf.

  8. isnanto said: ini ngutip daru ujecenter.com tuh… Persahabatan adalah satu jiwa dalam dua raga….

    Ouw… berarti pengirimnya pernah mampir ke sana tu.Makasih banyak Kang Isnan.

  9. cakdayat said: jadi jika sahabat itu baik, maka kita juga pasti baik….

    Apakah ini tidak kebalik AKhy?JIka kita baik, maka sahabat kita juga baik. Gmn?

  10. baimnastyion said: alangkah sepinya perjalanan ini bila tanpa sahabat,,sahabat itu bagai saudara kandung bg ku,,di saat aku jauh dr kluarga n krabat,merekalah yg jadi saudara dekat ku,,saat kumulai lari dr jalur hidup ku,merekalah yg memberi , mengingatkan n menasihati ku akan kehilafan itu,,saat sakit,mrk lah yg jaga,nanyakan pa dah mnum obat pa blom,saatjenuh,lelah,sedih,mereka sllau mencoba menghibur n menenangkan ku,,aku g tau arti ato defenisi dr sahabat itu,tp yg ku alami, mereka sgt penting bg ku,mereka pahlawan tanpa pamrih bg ku,ahhhh sobattttt ,sobatt… moga suatu hr klak kita semua bs bersama dan berbagi lg,,,.~_T

    Subhanallah… begitu indah persahabatan yang terjadi kepada Akhy. Hmm.. Kapan ya Qq bisa punyai persahabatan yang seperti ini?Amiin Yaa Allah.

  11. hokage5056 said: Sahabat..Teman kontrakan..Teman ngaji..Teman tim sepakbola..Teman kuliah..Teman kerja..He2..beda boleh khan?

    Teman yang suka nraktir.Teman yang suka mijitin.Teman yang suka minjemin duit.He… Bu Qq tambahin ya Nanda Hokage?

  12. rosyagus said: Arti sahabat buatku adalah sangat pentingapa lagi kalu seperti sekarang ini, jauh dari keluarga dan orang² yang kita cintaiDengan adanya sahabat. teruatama temen² baik ku di dunia maya seperti dirimu Q.Alhamdulialh……..di kalau aku susah, sedih, sepi. ada ajah yang meghibur kusehingga aku berpikir……….what the hell life without a friend (ship)

    Hmmm… ajakin Qq juga dunk kalo nyobatan. Sahabat akrab Qq selama ini baru diary. Tapi sekitar setahun ini Qq lg malez nulis di diary, jadi curhatnya ke yang biasa itu. Ah.. Mbak Rosy pasti tau. Tetangga dari gunung. Hikz…

  13. sahabat,,,yang ikhlas itu yang kekaltapi cobaan pasti ada,,seperti jalan2 di depanno body knows what is goes fa tomorrow ^^

  14. emulyosuke23 said: no body knows what is goes fa tomorrow

    Yupz. You are right Ukhty Emul.

  15. jadi mengira-ira adegan di markas yunda…;)

  16. erryanti said: jadi mengira-ira adegan di markas yunda…;)

    Jangan Dinda. Qq kan ada banyak markas. Jadi jangan berpatokan dengan markas kita. Meskipun ada kemungkinan di markas kita. He…

  17. Persahabatan. . . Bagai kepompong. . .[laguny sind3ntosca]Artinya. . . Yo mbooh. . .v(,”) . . Piss yow nduk

  18. Hikz… kepompong itu artinya diam. Berarti klo temannya lg butuh, ia ttp diam. Gitu? He…

  19. Lah itu pan cuma lagu nduk. .Tnya yuk, sma yg nyiptain. . Artinya apa gtu. . .

  20. wrseno said: Lah itu pan cuma lagu nduk. .Tnya yuk, sma yg nyiptain. . Artinya apa gtu. . .

    Kang Seno yang menawarkan jadi Kang Seno yang mencarikan nuh…

  21. qqcakep said: Persahabatan itu hanya bisa dialami dan dijalani.Tidak hanya maunya bercerita terus, tetapi memberi kesempatan kepada yang lain juga untuk berceritaBisa membedakan antara mendengar dan mendengarkan. Mendengarkan yang baik adalah yang dengan sepenuh hati. artinya………….ikut terlibat dalam afeksi (rasa dan perasaan) dan emosinya.Ikut bersedih bila sahabat sedang bersedih meskipun mungkin kita baru saja mendapat kabar membahagiakan dari keluarga kita. Atau kita ikut bergembira dan berbahagia karena keberhasilan sahabat kita meskipun kita sedang menghadapi situasi krisis keuangan [Jogja]

    Sepakat dengan yang ini aku jeng..:)Hiks, mentang2 sahabat baikku gi di Jogja hehhehe…:PSahabat…memiliki peran yang tidak sedikit..*nggak jelas mo mikir apa…

  22. waduh Q, sory, gak bisa nolong, lagi buntu nih Q…

  23. ivoniezahra said: Sepakat dengan yang ini aku jeng..:)Hiks, mentang2 sahabat baikku gi di Jogja hehhehe…:PSahabat…memiliki peran yang tidak sedikit..*nggak jelas mo mikir apa…

    Hikz… yang punya Jogja. Bagi dunk Jogjanya. Qq kan mau kebagian Jogja juga euy… He.

  24. nisanajma said: waduh Q, sory, gak bisa nolong, lagi buntu nih Q…

    Hmmm… Tak apa Ukhty Nisan. Semoga kebuntuan Ukhty tidak berlama” ya? Syukron katsiira Ukhty.

  25. kenangan bersama sahabat takkan pernah terlupaapalagi sahabat yang senatiasa mengingatkan dikala kita lupa dan khilaf

  26. ukhteeysarah said: kenangan bersama sahabat takkan pernah terlupaapalagi sahabat yang senatiasa mengingatkan dikala kita lupa dan khilaf

    Yupz… betul betul betul (Upin-Ipin mode on).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

DARI SATU TEMPAT KE TEMPAT LAIN KITA BERCERITA DAN BERKARYA UNTUK INDONESIA

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: