Oleh: Ida Raihan | 2 Maret 2009

Menjaga Hati Sulitkah?

Jika sudah ada seribu, biarkan aku menambahnya satu lagi. Tentang cinta

Cinta adalah pangkal dari setiap perbuatan yang baik maupun yang buruk. Maka pangkal semua amalan dien ini adalah cinta kepada Allah dan rasul-Nya. [Ibnu Qoyyim]

“Boleh minta tolong Mbak?”

“Apa tu?”

“Tolong nasehati Mbak ****, agar jaga hati. Sepertinya ia akan terjebak dalam perasaan cintanya.”

Upz…

Mungkin Anda pernah menerima permintaan seperti di atas? Saya pernah. Tiga malam yang lalu. Namun, saya merasa tidak mungkin untuk memenuhi permintaan itu. Bagaimana mungkin saya menasehatkan sesuatu yang saya sendiri bingung menghadapinya?

Sudah banyak nasihat para ulama atau apa, agar kita jaga hati. Jaga hati dan jaga hati. Tapi toh, pada kenyataannya kita (khususnya saya) tetap sering gagal melaksanakan itu. Mengapa? Mungkin jawabannya hanya satu. Karena lemahnya iman.

Ada pertanyaan yang hingga kini belum terjawab di benak saya. Pertanyaan yang sudah cukup lama mengganjal jantung.

Kita diperintahkan untuk jaga hati, tapi mengapa Allah membiarkan cinta tumbuh di hati kita pada lawan jenis yang bukan untuk kita? Di mana letak kesalahannya? Pada penciptaannya? Tidak mungkin. Penciptaan Allah sudah melalui hitungan yang matang. Matematika Allah tidak mungkin salah.

Pada penciptanya? Lebih tidak mungkin lagi. Allah maha sempurna. Tidak mungkin ada yang salah pada diri-Nya.

Pada perasanya? Rasa itu hadir bukan atas kemauan kita. Seringkali kita merasa tersiksa dengan adanya perasaan ini. Lebih-lebih, jika yang kita cintai pria yang telah beristri. Atau sebaliknya. Wanita yang telah bersuami.

“Kak, menjaga hati itu sulit tidak? Salahkah ana, jika ana mengagumi orang yang baik agamanya? Patutkah ana sedih ketika dia harus pergi? Sulit ana memaknai semua ini.” Sebuah pertanyaan yang saya belum tahu siapa pengirimnya masuk di inbox HP (sudah pernah saya kutip pada tulisan saya sebelumnya).

“Sulit. Sulit sekali. Karena setan selalu menghalangi kita. Mengagumi seseorang? Kekaguman itu seharusnya hanya ditujukan kepada Allah. Namun kala rasa kagum muncul di hati untuk mahluk Allah, siapa yang mampu mencegahnya? Kalau menurut Kak Qq itu tidak salah. Kerana perasaan itu muncul begitu saja. Di luar kehendak kita. Terkait dosa dan tidaknya, wallahu’alam. Hanya Allah yang tahu.

Patutkah kita sedih kala ia pergi? Cinta (kebiasaan saya memanggil orang yang belum diketahui namanya).. apa yang bisa kita lakukan untuk menghindarkan kesedihan ini? Sedih juga bagian dari diri kita. Jika posisinya seperti ini, semua orang pasti akan merasakan itu. tetapi ada hal yang lebih patut untuk kita kerjakan dari pada memelihara kesedihan ini. Sulit memang, tapi insya Allah, kita pasti bisa.”

Menasehati memanglah sangat mudah. Tetapi giliran dituntut untuk melaksanakannya, banyak yang belum bisa kita laksanakan. Itu yan terjadi pada saya. Semoga tidak pada Anda.

Dan Anda Anda…, Kamu Kamu…, Lo Lo…, yang membaca tulisan ini, bisa
kah memberikan jawaban atas pertanyaan di atas?

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuni dosa-dosaku, dosa-dosa Anda, dosa-dosa kamu. Dan dosa-dosa Lo .

Serta selalu memberikan hidayah-Nya kepada kita semua…

Selasa 3 Maret 2009

Iklan

Responses

  1. Aduh. . . Berat nih bahasannya. . .

  2. cinta adalah anugerah yg di berikan kepada kita yg harus di syukuri dan kita jaga,sikap kita lah harus kita jaga dr hawa nafsu syetan itu..dan yg akan menjaga hati hanyalah iman kita.

  3. perasaan …adalah sesuatu yg sulit dipahami. Mungkin ini yg di maksud dengan jihad melawan hawa nafsu, ngaak jelas lawannya, tapi harus menang agar tidak jadi pecundang

  4. Kenapa menyalahkan CINTA?CINTA..itu..hmmCINTA..itu cantik..He2..Sudah hujan,bechek,ga ada ojeck

  5. wrseno said: Aduh. . . Berat nih bahasannya. . .

    Udah ditimbang jew. Apakah perlu dikurangi beberapa ons lagi?

  6. Adik kelasq pernah bilang..Cinta itu seperti angin..Datang tanpa dDuga..Tidak mampu dLihat..hanya dapat dirasa..Menjawab pertanyaan g y?He2..maaf..

  7. ehm…menjaga hati dari untuk mencintaiada orang bilang “””bicara lebih mudah dari pada melakukan”””yah memang susah tapi cobalah di praktekan dikit2 gt sememangnya kita tiada salahnya mencintai, tapi kita juga harus tahu mengontrolnya, jangan sampai cinta itu jadi buta kan segalnya dan tak peduli dengan siapa saja, insyaALLAH kalo bisa ber empati i think bisa smoothtapi namanya manusia itu udah sifatnya saling membutuh kan satu sama lain dan punya sifat salah dan lupa ^^

  8. kan tresno jalaran soko kulino ( ini dalam pengertian global ^^)

  9. hemmm….

  10. Tuhan memberikan kebebasan kita untuk berfilir, memilah mana yang baik dan mana yang tidak, itulah kelebihan kita dari makhluk Tuhan yang lain, jadi jawaban terakhirnya ada pada diri kira masing2…..

  11. cupluk0025 said: cinta adalah anugerah yg di berikan kepada kita yg harus di syukuri dan kita jaga,sikap kita lah harus kita jaga dr hawa nafsu syetan itu..dan yg akan menjaga hati hanyalah iman kita.

    Klo diberi pilihan, Qq lbih memilih tdk jatuh cinta. Dari pada mencintai pria yang salah. Meskipun kita telah berusaha tuk menghindarinya. Tp skli lg, cinta datang tanpa mempertimbangkan.

  12. piedaa said: perasaan …adalah sesuatu yg sulit dipahami. Mungkin ini yg di maksud dengan jihad melawan hawa nafsu, ngaak jelas lawannya, tapi harus menang agar tidak jadi pecundang

    Sayangnya kita lebih sering terpuruk melawan perasaan ini. Hikz…

  13. hokage5056 said: Kenapa menyalahkan CINTA?CINTA..itu..hmmCINTA..itu cantik..He2..Sudah hujan,bechek,ga ada ojeck

    Errraaaaaaam. Sapa jg yang nyalahkan cinta? Masih tanda tanya tu.

  14. hokage5056 said: Adik kelasq pernah bilang..Cinta itu seperti angin..Datang tanpa dDuga..Tidak mampu dLihat..hanya dapat dirasa..Menjawab pertanyaan g y?He2..maaf..

    Yupz…, banyak sudah irtilah’ tuk cinta. Tapi Buk Qq masih ttp bingung Nanda…Blm mewakili tu. Hikz…

  15. emulyosuke23 said: ehm…menjaga hati dari untuk mencintaiada orang bilang “””bicara lebih mudah dari pada melakukan”””yah memang susah tapi cobalah di praktekan dikit2 gt sememangnya kita tiada salahnya mencintai, tapi kita juga harus tahu mengontrolnya, jangan sampai cinta itu jadi buta kan segalnya dan tak peduli dengan siapa saja, insyaALLAH kalo bisa ber empati i think bisa smoothtapi namanya manusia itu udah sifatnya saling membutuh kan satu sama lain dan punya sifat salah dan lupa ^^

    Blm tahu la arr, mesti cakap per. Ukhty Emul tahu lak camner hati Qq skrg.

  16. emulyosuke23 said: kan tresno jalaran soko kulino ( ini dalam pengertian global ^^)

    He.. orang belum kulino aja dah ada cinta. Hwekekekekeke….

  17. khamshe said: hemmm….

    Sedang dipraktekkan Kang Khamshe. Masih susaaaaaaahhhhh juga.

  18. progresadventr said: Tuhan memberikan kebebasan kita untuk berfilir, memilah mana yang baik dan mana yang tidak, itulah kelebihan kita dari makhluk Tuhan yang lain, jadi jawaban terakhirnya ada pada diri kira masing2…..

    Itu benar. Tetapi kita tidak ingin jatuh cinta pada orang yang salah kan Mas Progres?

  19. qqcakep said: jatuh cinta pada orang yang salah

    jadi yang salah, hati nya, cinta nya, atau orang nya??

  20. Manusia memang diberikan rasa ketertarikan pada hal yg disukainy scara umum, salah satunya adalah pada lawan jenis. Itu tidak memandang apakah halal ato haram, pengendalian diri lah yg akan menentukan pada akhirnya.Klo berbicara mengenai suka pada lawan jenis, tindakan preventif sudah jlas untuk mencegahnya, tergantung pada pribadi masing2 mau memilih jaln yg mana. Semua retorika akan berakhir pada satu kesimpulan, beranikah kita untuk tegas memilih yg benar.

  21. wrseno said: jadi yang salah, hati nya, cinta nya, atau orang nya??

    Hikz… itukan pertanyaan Qq. Kasih jawaban dunk.

  22. ekkyfahmi said: tergantung pada pribadi masing2 mau memilih jaln yg mana.

    Baik. Jika seorang perempuan sedang jatuh cinta, trus dia pilih bungkam, tanpa menunjukkan rasa yg bersemayam di hati (Kerana ditilik dari beberapa segi, keduanya tidak sekufu). Tetapi ini sangat menyiksa kerana si perempuan sangat mengharap si dia. Apakah ini sebuah pilihan? Atau suatu kebodohan?

  23. Bu qq..aq bukan mw ngasi jawaban coz aq jg binggungTapi aq ada solusi..NIKAH..NIKAH..dah gt nyibukin diri ngurus suami+anak2..He2..gimana,bu?Tertarik mencoba?

  24. wah maaf nih ana jg lom jawab tuh, tp yg lebih baik sih segera nikah!!!

  25. hokage5056 said: NIKAH..NIKAH..dah gt nyibukin diri ngurus suami+anak2..He2..gimana,bu?Tertarik mencoba?

    Di sinilah masalahnya datang Nanda Hokage. Misal, Misal lho ya? :-D, Bu Qq maunya nikah sama org yang Bu Qq cintai. Tetapi pria yang Bu Qq cintai, blm atau tdk mencintai bu Qq, apakah bisa menikah Nanda yang baik? Inilah yang menjadi pertanyaan Bu Qq. Mencintai orang yang salah.

  26. prima87 said: wah maaf nih ana jg lom jawab tuh, tp yg lebih baik sih segera nikah!!!

    He… hayuk nikah (kedip” mode on).

  27. wah ,,bagus kayaknya ,,tuh…….tp lom selesai baca semua,,,,capek deh,,,,,,,,hahahhahaaa………

  28. abidinagano said: wah ,,bagus kayaknya ,,tuh…….tp lom selesai baca semua,,,,capek deh,,,,,,,,hahahhahaaa………

    Errrrraaaaaaam. (Tdr mode on).

  29. jagalah hati… jangan kau nodai…jagalah hati… jangan kau kotori…*lagunya a’a gym mode : activated

  30. insa alloh yg lg nulis ini sedang kasmaran,emmmmmmmmmm….smoga dirimu bs menemukan idaman hati yg bs melindungimu,menyayangimu..satu pertanyaan…aku sendiri ttg agama islam masih kurang…pingin ..berharap bs memiliki istri yg sholekah ..gi mana yah..???

  31. He2..Nikah karena cinta..gmn y,aq agak dikit kurang sreg..Bukan menentang cinta..tapi.. setauku kalo cm krn cinta..g yakin dech bakal bahagia..Pertanyaannya..bgm cinta itu bs tumbuh?bgm prosesnya?syar’i g?apakah itu benar2 cinta yg dDasari ketakwaan pd Alloh ataukah cm hawa nafsu..?(lho..koq malah nanya y:-()Yup,mencegah utk tdk sembrono jatuh cinta penting dlm kondisi kyk gene..caranya y menerapkan kaidah2 syar’i dlm kehidupn sehari2 khususnya yg menyangkut hub.pria-wanita.Coz biasanya jatuh cinta yg sembrono ini terjadi krn pelanggaran kaidah2 syar’i hub.pria-wanita,seperti..ah,pd tau lah.. Dan juga..kita dContohkan nikah dDasarkan pd beberapa hal dan..setauku cinta tdk termasuk dDalamnya..Begitu byk pasangan yg nikah dgn dalih cinta pd akhirnya karam juga bahtera cintanya..Cinta..hanya pd Alloh..Menikah karena cinta pd Alloh..InsyaAlloh.. Walah..koq jd byk ngomong kyk gene..He2..maap

  32. wrseno said: jagalah hati… jangan kau nodai…jagalah hati… jangan kau kotori…*lagunya a’a gym mode : activated

    Tu la Kang Seno.

  33. kunntul said: smoga dirimu bs menemukan idaman hati yg bs melindungimu,menyayangimu..satu pertanyaan…aku sendiri ttg agama islam masih kurang…pingin ..berharap bs memiliki istri yg sholekah ..gi mana yah..???

    Amiin yaa Allah.Sama dunk. Hikz…Firman Allah, “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).[An-Nur 26].”Jadi jika inginkan wanita shaliha, pastikan bahwa diri kita shalih juga. Semoga Akhy…

  34. hokage5056 said: Cinta..hanya pd Alloh..Menikah karena cinta pd Alloh..InsyaAlloh..

    Subhanallah… betul.. betul… betul…(Upin-Ipin mode on).Terimakasih banyak Nanda Hokage. Semoga Nanda menemukan cinta sejati Nanda…

  35. hemmmmmmm

  36. saya nyerah Q, memang sulit menjaga hati..tapi saya memilih untuk tidak menjawab semua pertanyaan QQ yang pernah saya tanyakan sendiri. Itu urusan Allah.Kala hati sedang tak bisa kompromi, saya hanya memohon sambil menangis pada Allah, “Ya Allah, biarkan aku mencintaiMu ya Allah, isilah relung hatiku dengan cinta hanya kepadaMu, dan cintailah aku Ya Rab, jangan biarkan aku mencintai selain diriMu”, maka sesudahnya Q, semua akan terurai, karena muara cinta itu hanya cinta kepadaNya. Jika Allah mencintai kita, pasti yang terbaik yang diberikanNya pada kita, dan jika kita mencintaiNya, maka kita akan ridha dengan apa yang diberikanNya pada kita. Cinta pada selain Dia, adalah cinta yang semu Q, cinta yang mungkin saja tak terbalas, terlarang, tapi jika kita bercinta padaNya, kita tak mungkin bertepuk sebelah tangan.Tapi kita hanya manusia kan Q, punya rasa, punya hati. Akankah kita salah jika cinta kita mampir pada orang yang salah?, ah, biarkan Allah yang menjadi sutradaranya Q, biarkanlah Dia yang memutuskannya buat kita, apapun itu, itulah takdir kita, tapi dengan bekal cinta kita padaNya, kita pasti tahu, apa yang harus kita lakukan jika kita merasa cinta kita jatuh pada orang yang ‘salah’. Cinta kita pada Allah pasti menuntun kita untuk mencari arah yang benar, meski semua itu ‘mengorbankan’ rasa yang subhanallah kok ternyata indah itu..Percayalah QQ sayang, setelahnya, semua tak berarti kecuali cinta kita padaNyalah yang menang…

  37. 45351 said: hemmmmmmm

    Hikz…

  38. nisanajma said: saya nyerah Q, memang sulit menjaga hati..tapi saya memilih untuk tidak menjawab semua pertanyaan QQ yang pernah saya tanyakan sendiri. Itu urusan Allah.Kala hati sedang tak bisa kompromi, saya hanya memohon sambil menangis pada Allah, “Ya Allah, biarkan aku mencintaiMu ya Allah, isilah relung hatiku dengan cinta hanya kepadaMu, dan cintailah aku Ya Rab, jangan biarkan aku mencintai selain diriMu”, maka sesudahnya Q, semua akan terurai, karena muara cinta itu hanya cinta kepadaNya. Jika Allah mencintai kita, pasti yang terbaik yang diberikanNya pada kita, dan jika kita mencintaiNya, maka kita akan ridha dengan apa yang diberikanNya pada kita. Cinta pada selain Dia, adalah cinta yang semu Q, cinta yang mungkin saja tak terbalas, terlarang, tapi jika kita bercinta padaNya, kita tak mungkin bertepuk sebelah tangan.Tapi kita hanya manusia kan Q, punya rasa, punya hati. Akankah kita salah jika cinta kita mampir pada orang yang salah?, ah, biarkan Allah yang menjadi sutradaranya Q, biarkanlah Dia yang memutuskannya buat kita, apapun itu, itulah takdir kita, tapi dengan bekal cinta kita padaNya, kita pasti tahu, apa yang harus kita lakukan jika kita merasa cinta kita jatuh pada orang yang ‘salah’. Cinta kita pada Allah pasti menuntun kita untuk mencari arah yang benar, meski semua itu ‘mengorbankan’ rasa yang subhanallah kok ternyata indah itu..Percayalah QQ sayang, setelahnya, semua tak berarti kecuali cinta kita padaNyalah yang menang…

    Subhanallah… mata ana sampai berkaca” mbaca ini Ukhty. Terimakasih banyak atas diingatkan semua ini.Masya Allah, betapa beruntungnya ana memiliki Ukhty di sini.Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan urusan Ukhty Nisa Najma.

  39. yupz, memang susah menjaga hati,tapi semoga Allah SWT senantiasa menjaga hati kita agar hati ini selalu didekatkan pada cinta-NYA

  40. mudah mudahan bisa membantu ya Q…

  41. menikahlah,itu jawaba allah yg diberikan kpd mahluknya.krn syetan datang drarah yg tidak terduga,baik dpn,blng,samping,atas dan bawah.andai pintu cinta dan syahwat d bendung dng nikah insya allah,allah akan mencukupkan hati manusia tuk mencintai sepenuh hati.wahai pemuda!menikahlahjikalau kmu mampu dan cukup.jika tidak puasa krn bisa menahan diri(syahwat cinta)tp saya juga gatau,krn itu rahasia allah,bgaimana mahluknya bisa berfikir jernih tanpa meninggalkan allah.that its.its your choice.wallahu alam

  42. Tu bu qq..byk yg ngasi solusi samaNIKAH..nah..

  43. ukhteeysarah said: tapi semoga Allah SWT senantiasa menjaga hati kita agar hati ini selalu didekatkan pada cinta-NYA

    Amiin yaa Allah. Jazakillah Ukhty Sarah.

  44. nisanajma said: mudah mudahan bisa membantu ya Q…

    Amiin yaa Allah. Insya Allah, Ukhty Najma.

  45. yuwanaoffset said: menikahlah,itu jawaba allah yg diberikan kpd mahluknya.krn syetan datang drarah yg tidak terduga,baik dpn,blng,samping,atas dan bawah.andai pintu cinta dan syahwat d bendung dng nikah insya allah,allah akan mencukupkan hati manusia tuk mencintai sepenuh hati.wahai pemuda!menikahlahjikalau kmu mampu dan cukup.jika tidak puasa krn bisa menahan diri(syahwat cinta)tp saya juga gatau,krn itu rahasia allah,bgaimana mahluknya bisa berfikir jernih tanpa meninggalkan allah.that its.its your choice.wallahu alam

    Subhanallah, Syukron katsiira AKhy. Yuwan.

  46. hokage5056 said: Tu bu qq..byk yg ngasi solusi samaNIKAH..nah..

    He…, Ya hayuk nikah klo gitu (kedip-kedip mode on).

  47. qqcakep said: Amiin yaa Allah. Jazakillah Ukhty Sarah.

    waiyyaki ukhti..

  48. yuuk mari nikah!!!! pasti ketemu deh titik permasalahanya…

  49. prima87 said: yuuk mari nikah!!!! pasti ketemu deh titik permasalahanya…

    He…Begini Akhy Prima, jika, ana menikah dengan Akhy, tetapi hati ana menghayalkan orang lain. Trus gimana cuba? Dosakan?

  50. iya ya, bingung jg ya…

  51. prima87 said: iya ya, bingung jg ya…

    Hikz… Klo bingung sila duduk dulu sebentar. Khawatirnya salah pintu saat keluar. He…

  52. Jk akh prima adalah pria yg baik,dia akan membuat pria khayalan bu qq menjadi asap..terbang melayang..sampai tdk tersisa dbenak bu qq..Betul g akh prima?Kalo ttg bingung caranya..ntar q kasi tau..he2..(sok tau)

  53. yups setuju hokage5056!!!! jd hokage tau nih jawaban yg ditanyakan Mbak Qq?!

  54. Pernikahan atau perkahwinan menyingkap tabir rahsia. Isteri yang kamu nikahi tidaklah semulia Khadijah, tidaklah setaqwa Aisyah pun tidaklah setabah Fatimah. Justeru isterimu saat ini hanyalah wanita akhir zaman yang punya cita- cita menjadi solehah. Jangan menuntut terlalu tinggi seandainya diri sendiri jelas tidak berupaya. Mengapa mendambakan sehebat Khadijah andai diri tidak semulia Rasulullah? Mengapa mengharapkan suami setampan Yusof seandainya kasih tak setulus Zulaikha? Tidak perlu mencari isteri secantik Balqis andai diri tidak sehebat Sulaiman. DAN Tidak perlu mencari suami seteguh Ibrahim andai diri tidak sekuat Hajar dan Sarah!

  55. hokage5056 said: Jk akh prima adalah pria yg baik,dia akan membuat pria khayalan bu qq menjadi asap..terbang melayang..sampai tdk tersisa dbenak bu qq..Betul g akh prima?Kalo ttg bingung caranya..ntar q kasi tau..he2..(sok tau)

    Hmmm… sudah mendapat satu dukungan nie. Apakah memang begitu Nanda Hokage?

  56. prima87 said: yups setuju hokage5056!!!! jd hokage tau nih jawaban yg ditanyakan Mbak Qq?!

    Hikz… Hehe… Dapet dukungan kita Mas Prima.

  57. prima87 said: Pernikahan atau perkahwinan menyingkap tabir rahsia. Isteri yang kamu nikahi tidaklah semulia Khadijah, tidaklah setaqwa Aisyah pun tidaklah setabah Fatimah. Justeru isterimu saat ini hanyalah wanita akhir zaman yang punya cita- cita menjadi solehah. Jangan menuntut terlalu tinggi seandainya diri sendiri jelas tidak berupaya. Mengapa mendambakan sehebat Khadijah andai diri tidak semulia Rasulullah? Mengapa mengharapkan suami setampan Yusof seandainya kasih tak setulus Zulaikha? Tidak perlu mencari isteri secantik Balqis andai diri tidak sehebat Sulaiman. DAN Tidak perlu mencari suami seteguh Ibrahim andai diri tidak sekuat Hajar dan Sarah!

    Subhanallah, terimakasih banyak atas nasihatnya Mas Prima. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menunjuki langkah kita pada jalan yang di ridhoi-Nya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

Dari satu tempat ke tempat lain kita bercerita dan berkarya untuk Nusantara

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: