Oleh: Ida Raihan | 15 Maret 2009

Lampu Merah Dan Keluarga (?)

Tahukan Lampu merah? Yang jelas bukan merah lampu hias. Ah.. tak perlu dijelasin lah. Anda pasti sudah tidak merasa asing lagi dengannya. Kita semua mengenalnya.

Anda mempunyai keluarga? Anak, istri, suami dan saudara misalnya?

Yupz..!! saya punya…

Lantas apa hubungannya dengan lampu merah?

Hikz.. tunggu aja napa? Brisik. Kita lanjutkan dulu obrolan tentang keluarga kita. Ok?

Sengaja saya menulis ini. Bukan sok tahu, atau berniat menggurui Anda semua. Tetapi, saya hanya ingin meluahkan unek-unek saja di sini. Tulisan ini saya tujukan pada diri saya sendiri, namun Anda juga boleh tahu.

Semua ini bermula beberapa minggu lalu, ketika saya dan tiga orang teman saya berangkat menghadiri undangan bedah buku di suatu tempat. Di perjalanan, ada beberapa traffic light (dalam bahasa Indonesia kita disebut apa ya?) yang harus kami lalui. Ketika kami turun dari bus, kebetulan traffic light sedang menyala merah, terpaksa saya berhenti. Saya mengira ke-tiga teman sayapun akan berhenti. Namun ternyata tidak. Mereka nekat menyebrang jalan ketika kebetulan sedang tidak ada mobil lewat. Sebuah keberuntungan memang, jika kita dalam keadaan buru-buru.

Ketiga teman saya terus berjalan tanpa menoleh ke belakang. Saya yakin, mereka juga mengira saya sudah ikut melanggar hokum bersama mereka. Menyebrang jalan ketika lampu menyala merah. Padahal saya masih berusaha tuk jadi orang yang mematuhi peraturan yang ada. Hikz…

Tak ada pilihan selain , “Hei… wait for me…!!!” (Karena salah satu dari teman saya asli mahasiswi Kyoto-Japan yang sedang mengadakan penelitian, jadi saya merasa perlu meggunakan bahasa English ketika itu.)

“Dasar penakut!.” Begitu salah satu teman saya mengolok. Saya mencoba mengelak dari tuduhan itu. Tapi sepertinya sia-sia. Karena justru ditertawakan. Hikz…

Ok, kita lanjutkan obrolan tentang keluarga kita.

Jika Anda seorang lelaki, dan sudah berkeluarga, Anda adalah pemimpin bagi keluarga Anda. Yang bertugas mengayomi/melindungi keluarga yang lain. Disamping memberikan peraturan-peraaturan tertentu untuk keluarga. Dan tentunya, Anda ingin peraturan yang Anda buat itu dilaksanakan dan dipatuhi oleh seluruh keluarga dibawah pimpinan Anda bukan? Saya yakin, Anda akan menjawab, “Ya”

Dan bagi kita yang perempuan/wanita, kita adalah wakil dari kepala keluarga. Jika kepala keluarga sedang tidak di rumah, maka tugas kepemimpinan mengatur rumah tangga atau keluarga tentu menjadi tanggung jawab kita, perempuan.

Saya rasa hampir semua, dalam kehidupan berkeluarga akan mengeluarkan peraturan-peraturan yang tentunya ingin dilaksanakan dan dipatuhi dengan baik oleh seluruh anggota keluarga kita. Jika salah satu saja peraturan yang kita buat ada yang dilanggar, tentu kita akan marah. Bahkan mungkin kita akan menghukum pelanggarnya.

Mungkin juga…

Lantas apa hubungannya dengan lampu merah? Ish… gak sabaran amat sih! Tunggu napa?

He…

Begini kawan, kita semua sudah tahu. Hampir di setiap jalan, di kota-kota besar terdapat lampu merah. Atau dengan sebutan lain traffic light. Yang berguna untuk mengatur jalannya lalu lintas. Ketika lampu menyala merah, kita diwajibkan berhenti di sisi jalan. Karena pada saat itu adalah giliran kendaraan di jalanan untuk melaju. Sementara kalau lampu menyala hijau, kendaraan akan berhenti untuk memberi kesempatan kepada pejalan kaki, untuk menyeberang. Semua itu sudah diatur dengan baikoleh pemerintah. Demi keamanan dan kenyamanan kita semua.

Namun apa yang terjadi? Banyak diantara kita, yang tidak perduli dengan peraturan yang telah dibuat oleh
pemerintah. Banyak diantara kita yang nekat menyeberang jalan ketika lampu menyala merah. Tanpa merasa canggung sedikitpun. mungkin kita akan menoleh kanan-kiri sesaat. Untuk memastikan bahwa tiada polisi yang melihat kita. Tetapi sadarkah kita? Bahwa sebenarnya kita sedang diawasi oleh pengawas yang tidak akan pernah lalai dalam mengawasi, setiap gerak makhluk di dunia ini?

Pengawas yang tidak akan pernah lupa dengan pelanggaran yang pernah kita lakukan. Dan tidak akan pernah hilang rekamannya.

Jadi…, Anda ingin peraturan yang Anda buat dipatuhi? Mari kita mulai dari diri kita sendiri…

Atau mungkin Anda bisa mencoba dengan cara yang termudah. Sebagai contoh, ambillah soft drink yang dikemas dalam kotak kardus kecil. Biasanya di sana akan ada tulisan “Please flatten before disposal” Itu adalah sebuah permintaan agar kita mengkempiskan terlebih dahulu sebelum membuang kotaknya ke dalam tong sampah. Saya belum mengetahui apa tujuan pastinya. Yang ada dalam pikiran saya adalah, mungkin untuk meminimalisir pembuangan sampah. Pernahkah Anda melakukannya? Jika belum cobalah. Anda akan menemukan diri Anda dalam kepuasan karena telah mematuhi peraturan kecil yang dibuat oleh orang lain.

Mulailah dari sekarang ! Kalau tidak kapan lagi kita akan memulai? Jika kita sekarang tidak mematuhi peraturan yang ada. Jangan berharap peraturan kita akan dipatuhi oleh generasi kita mendatang.

Bisa saja sekarang kita merasa aman, katika kita sedang melanggar peraturan pemerintah itu. Tapi ingatlah, hukum karma akan tetap berlaku. Siapa menanam dia akan menuai.

Karena…

Seperti yang dikatakan Kak Andrea Hirata dalam novelnya Sang Pemimpi,

Tuhan Maha Tahu.. Tapi Menunggu…

Minggu 15 Maret 2009

Iklan

Responses

  1. latar biru, font juga biru….

  2. priyayimuslim said: latar biru, font juga biru….

    Welleh. Ini sdh diperjelas birunya. Udh beza dgn tulisan yang lainnnn…

  3. Nice posting Mba… Makasih ya…

  4. weleh2 gak mudeng aq…:P

  5. Yup,s7 bu qq

  6. wendydiana83 said: Nice posting Mba… Makasih ya…

    Thanks Mbak Wendy. Sama”ya. Semoga Ukhty dalam naungan Allah selalu.

  7. cupluk0025 said: weleh2 gak mudeng aq…:P

    Hikz….. sebegitu sulitkah?

  8. hokage5056 said: Yup,s7 bu qq

    Sebelas juga Nanda. Hehe.. biar jadi Seven Eleven. He…

  9. qqcakep said: Di perjalanan, ada beberapa traffic light (dalam bahasa Indonesia kita disebut apa ya?)

    lampu bangjo..alias lampu abang ijo

  10. khamshe said: lampu bangjo..alias lampu abang ijo

    Hehe… Makasih banyak Kang Kham She. Hayuk Qq traktir sarapan.

  11. qqcakep said: Hehe… Makasih banyak Kang Kham She. Hayuk Qq traktir sarapan.

    sarapan opo? matur nuwun tenan nek ngono..

  12. khamshe said: sarapan opo? matur nuwun tenan nek ngono..

    Ya sarapan apa baen sing kena di pangan koh. Hwekekekekek…

  13. qqcakep said: Bisa saja sekarang kita merasa aman, katika kita sedang melanggar peraturan pemerintah itu. Tapi ingatlah, hukum karma akan tetap berlaku. Siapa menanam dia akan menuai.Karena…Seperti yang dikatakan Kak Andrea Hirata dalam novelnya Sang Pemimpi, Tuhan Maha Tahu.. Tapi Menunggu…

    hiii..jadi serem Q…tapi masalah peraturan dan sebagainya…aku juga gemesy Q..kapan kita akan berubah?

  14. tulisan yg bagus saudariku..buah yg kelak kita makan adalah hasil dari pohon yg kita tanam..jadikan Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai tongkat dan penunjuk jln dalam mengarungi kehidupan yg fanajadikan dunia ini sarana untuk menuju akhiratdalam mencari ridho Allah SWT…

  15. nisanajma said: hiii..jadi serem Q…tapi masalah peraturan dan sebagainya…aku juga gemesy Q..kapan kita akan berubah?

    He…Makanya Ukhty. Kita mesti memulakan dari diri kita jika inginkan perubahan. Semoga Allah menunjuki jalan-Nya.

  16. hasnasyadza said: tulisan yg bagus saudariku..buah yg kelak kita makan adalah hasil dari pohon yg kita tanam..jadikan Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai tongkat dan penunjuk jln dalam mengarungi kehidupan yg fanajadikan dunia ini sarana untuk menuju akhiratdalam mencari ridho Allah SWT…

    Syukron Ukhty Hasna. Yupz. Betul banget.Insya Allah. Tolong doanya ya Ukhty Hasna…Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala sentiasa menunjuki jalan yang diridhoi-Nya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

Dari satu tempat ke tempat lain kita bercerita dan berkarya untuk Nusantara

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: