Oleh: Ida Raihan | 20 Mei 2009

Mengembalikan Citra Islam

Pengeboman, pembunuhan, dan kekerasan-kekerasan lainnya yang dilakukan Islam, itulah yang selama ini selalu diberitakan oleh media massa dunia. Sehingga di manapun berada khususnya di Barat, Islam terkenal sebagai agama kekerasan. Padahal hanya segelintir orang saja yang melakukannya. Yang bisa jadi, karena memiliki pemahaman yang berbeda (condong salah). Islam tidak membenarkan kekerasan, tetapi kekerasan juga diperlukan di dalam Islam.

Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. [QS. Al-Baqarah:190]

Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka ialah neraka Jahanam. Itulah tempat kembali yang seburuk-buruknya. [QS at-Taubah: 73]

Selain mengajarkan kelemah-lembutan, seperti yang digambarkan ayat di atas, Islam juga membolehkan memerangi manusia, namun juga tidak sembarangan manusia. Selama mereka tidak memerangi kita, tidak membuat kerusakan, maka kita wajib menjaga kenyamanan mereka. Sayangnya, Islam sudah terlanjur terkenal sebagai agama kekerasan. Walaupun sebenarnya yang melakukan itu hanyalah oknum tertentu.

Sebagai ummat yang baik kita memiliki kewajiban untuk mengembalikan citra Islam yang sudah diklaim sebagai terroris ini, sebagai agama yang penuh kesejukan dan kedamaian. Dengan cara mencerminkan kelakuan kita seperti yang diajarkan oleh agama. Menunjukkan sikap lemah-lembut, serta kasih sayang.

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk [menjadi] rahmat bagi semesta alam. [Al-Anbiya’: 107]

Sering kita dengar, seseorang yang mengutip ayat ataupun hadist yang menerangkan bahwa Islam adalah agama kasih sayang. Tetapi fakta yang terlihat tidak membuktikan itu. Muncul pertanyaan di sini, “Katanya agama rahmatan lil alamin, tapi kok di mana-mana kekerasan dan kerusakan yang ditimbulkan?” Jawabannya, karena media tidak adil memberitakannya. Yang disorot hanya sisi negative Islam saja. Semua yang baik-baik mengenai Islam ditenggelamkan begitu saja.

Membuktikan bahwa Islam bukanlah agama teroris, memang sulit, tetapi itu bukanlah hal yang tidak mungkin. Kita bisa melakukannya dengan menunjukkan akhlaqul karimah. Berkoar mengutip ayat sana, sini, tidaklah benar-benar membantu. Mereka butuh bukti, berupa tindakan. Diskusi dengan cara baik dan benar juga diperlukan di sini.

Wallahu’alam…

Tulisan ini dalam rangka berpartisipasi dalam program what do you say about…..? dari IUA-islam yang sejuk, http://islamunderattack.multiply.com/journal/item/103

Mohon dengan sangat koreksinya. Sedang belajar…

Rabo, 20 Mei 2009

Iklan

Responses

  1. mari tunjukkan ..kita mulai diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan..nice post

  2. bulan07 said: mari tunjukkan ..kita mulai diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan..nice post

    Yupz.. benar sekali Ukhtyna. Yupz, mulai dari diri sendiri. Dan mulai sekarang juga.

  3. iya kalau ga mulai sekarang mau kapan lagi..?mumpung nyawa masih dikandung bada 🙂

  4. bulan07 said: iya kalau ga mulai sekarang mau kapan lagi..?mumpung nyawa masih dikandung bada 🙂

    Betul… betul… betul… (Upin-Ipin mode on) ~_^

  5. berusahalam mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungansalah satu cara adalah mengamalkan/menjalankan apa yang telah diperintahkan Allah, jangan hanya menjadi ritual semata, sholat misalnya, jadikan sholat petunjuk dan aplikasikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari.sedekah, jangan hanya pandai mengajak tp lakukan jugainsya Allah, pemikiran tentang kekerasan dalam islam nanti akan terhapus dengan sendirinya, mari…tengkiyuh Q, dah ngingetin kembali

  6. elysiarizqy said: jangan hanya pandai mengajak tp lakukan juga

    Betul sekali, Kang Sumarno. Hayuk kita lakukan bareng” .Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meredhai kita.

  7. qqcakep said: Betul sekali, Kang Sumarno. Hayuk kita lakukan bareng” .Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meredhai kita.

    amin, insya Allah

  8. Kebanyakan orang memang selalu menggeneralisasikan sesuatu, padahal cuma oknum yang mungkin memang islam tetapi tidak paham tentang islam. So, solusi terbaik adalah belajar dan memberitahu kepada yg lain ajaran islam sesuai yang dirisalahkan oleh Rasululloh. Insya Alloh jika amalan sudah sesuai dengan tuntunan islam maka tidak ada lagi kekerasan yang melupakan kemanusiaan..

  9. uwee344 said: Kebanyakan orang memang selalu menggeneralisasikan sesuatu, padahal cuma oknum yang mungkin memang islam tetapi tidak paham tentang islam. So, solusi terbaik adalah belajar dan memberitahu kepada yg lain ajaran islam sesuai yang dirisalahkan oleh Rasululloh. Insya Alloh jika amalan sudah sesuai dengan tuntunan islam maka tidak ada lagi kekerasan yang melupakan kemanusiaan..

    Betul betul betul. Adalah tugas kita untuk meluruskan sesuatu yang salah menjadi benar. Semampu kita. Semoga Allah Suhanahu wa Ta’ala mengulurkan bantuan-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang ikhlas berniat meluruskan ajaran-Nya.Jazakillah khair yaa Ukhty. Syukron katsiira.

  10. tetap semangat

  11. mujitrisno said: tetap semangat

    Insya Allah, Akhy Muji.

  12. no comment

  13. mrdhori said: no comment

    Terimakasih banyak, Mr. Dhori. Setidaknya Anda telah mengunjungi halaman Qq. Semoga sukses buat Akhy dan keluarga. 🙂

  14. ayo donk,jihadnya kapan ya?ngomong doank,pakistan limaratus ribu jadi pengungsi ratusan ribu jadi korban antara taliban dan tentara pakistan kedua fihak atas namakan islam begitulah nasib dan fakta nyata dilapangan.kalo memang tidak saling serang dengan kekerasan tentu tak akan jadi berita dan celakalah para anak2 yang jadi korban pertikaian sesama islam.jangan salahkan barat dan memudahkan urusan antar islam.apa yang terjadi di pakistan sekarang bisa saja terjadi di indonesia besok.apa lagi dengan pembenaran kekerasan.justru orang islam harus berkaca diri,belajar yang baik dan yang buruk,belajar menahan egoisme masing golongan sesama islam.lihat teroris mumbai jenazahnya saja tidak ada yang mau terima dan umat islam disana menolak memakamkan dipemakaman nya.sedangkan mengubur jenazah adalah wajib hukumnya tak perduli dari golongan mana itu contoh kecil egoisme dan kurangnya kecerdasan dan mau berpikir matangbukan kesalahan barat.intropeksi.dan bila kejadian pakistan hari ini terjadi di indonesia esok.banjir airmata dan penderitaan akan terjadi.bukan salah barat.umat islamnya yang masih banyak yang bego dan egois.lihat taliban dan pendukungnya.lebih kemukakan otot ketimbang otak hasilnya ciptakan neraka di tempat umat islam termasuk pakistan.lihat bangladesh,lihat rohingga myanmar lihat betapa tidak ada harganya umat islam dimata rezim burma,lihat thailand selatan ,lihat di sudan lihat di tanzania lihat di eritria,lihat di etiopia,lihat somalia.tidaklah tepat hanya menyalahkan baratsebab dengan begitu makin terbenam dalam sengketa.belajarlah lebih arif dan mau mengakui kelemahan dan kesalahan dan memperbaikinya

  15. Iya,bu.mulai dr diri sendiri dulu=)

  16. arjunasama said: jihadnya kapan ya?ngomong doank,

    Hmmmm… emang dikira yang di sini juga tidak jihad? Yang namanya jihad bukan cuma dengan mengangkat senjatakan? Wallahu’alam…

  17. kunta02 said: Iya,bu.mulai dr diri sendiri dulu=)

    Yupz. Mulai dari diri sendiri, dan Mulai sekarang juga.

  18. qqcakep said: Terimakasih banyak, Mr. Dhori. Setidaknya Anda telah mengunjungi halaman Qq. Semoga sukses buat Akhy dan keluarga. 🙂

    beum bekeluarga sis

  19. mrdhori said: beum bekeluarga sis

    Hmmm… ada ayah-bunda dan adik” kakak” kan? Jadi merekalah keluarga Akhy sekarang.

  20. baru sempat baca nih Qq :)makasih ya….

  21. hidupuntukberkarya said: baru sempat baca nih Qq :)makasih ya….

    Terimakasih banyak sudah meyempatkan waktunya Ukhty Okti.

  22. Jfs ukhty…

  23. perempuantangguh said: Jfs ukhty…

    Waiyyakum Ukhty Rianty.

  24. setiap info yang masuk, kita harus tabayyun. Meskipun kaum muslimin memiliki kesalahan, tetap harus dijaga izzahnya. karena itu, perbaiki akhlaq kita. Terutama berpakaian supaya tidak tasyabbuh kepada orang kafir. Setelah iti, Allah Ta’ala akan memperbaiki (dimenangkan)urusan kaum muslimin terhadap orang2 Kafir.Manyyartadda minkum ‘an diinillah, fasaufa ya’tillahi biqoumin yuhibbuhum wa yuhibbuunahum ….dst. Dan jgn takut pula image Tentang Islam didepan orang2 Kafir. Masalah itu Alloh Ta’ala yg akan bereskan dgn irodah-Nya. Kaum Muslimin hanya belajar-bekerja dalam Islam. Maa anta bini’mati robbika bimajnuun.

  25. alifara said: setiap info yang masuk, kita harus tabayyun. Meskipun kaum muslimin memiliki kesalahan, tetap harus dijaga izzahnya. karena itu, perbaiki akhlaq kita

    Yupz, betul betul betul (Upin-Ipin mood on). Intinya, kitalah yang harus mengusahakannya :), bukankah begitu Akhy Ali?:)

  26. insyaAlloh, ana jug gak tahu sepenuhnya. ana hanya belajar coment….( mau ketawa gak berani, nanti dibilang ikhwan abal2- gak apa2, asal bukan muslim abal2. Apa abal2 itu?-)

  27. ayo jihaaaaddd…. pakai tembak dan boomm. jangan pakai/jual omongan doang…hehe…Kapan mau jihad??? orang kita suka tidur, makan…ada uang baru mata terbelalak. Uannnggg gratissss……langsung disaku!!!

  28. alifara said: insyaAlloh, ana jug gak tahu sepenuhnya. ana hanya belajar coment….( mau ketawa gak berani, nanti dibilang ikhwan abal2- gak apa2, asal bukan muslim abal2. Apa abal2 itu?-)

    Hwaaaaah.. udah lama sekali jarang buka MP. Baru ketauan ada komentar terlewatkan. Afwaaaaaan…

  29. alifara said: ayo jihaaaaddd…. pakai tembak dan boomm. jangan pakai/jual omongan doang…hehe…Kapan mau jihad??? orang kita suka tidur, makan…ada uang baru mata terbelalak. Uannnggg gratissss……langsung disaku!!!

    Hmm… hayuk berangkat 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

DARI SATU TEMPAT KE TEMPAT LAIN KITA BERCERITA DAN BERKARYA UNTUK INDONESIA

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: