Oleh: Ida Raihan | 24 September 2009

Mengendalikan Amarah

“Eum.. Mbak gimana ya supaya qita gak cepet marah terhadap orang tertentu, padahal dia selalu membuat kita BT or marah, ulahnya” (maaf tulisannya Ida edit. Sekedar mengganti sebagian huruf kecil menjadi besar, dan menambahkan pada kalimat yang disingkat) “Misal saya selalu cepet marah ke ‘dia’ cowo, karena omongannya selalu membuat saya tersinggung. Jadi BT.

Jujur saja, sebenarnya saya malu untuk menjawab pertanyaan ini. Pasalnya, saya sendiri masih sering gagal mengkontrol amarah. Saya masih sering lepas kendali. Apalagi jika masa-masa sensitive sedang datang. Seringkali ingin menelan manusia yang bikin ulah hidup-hidup. Hikz…

Namun, karena saya telah berjanji, maka saya akan tetap mencoba untuk menjawabnya semampu saya. (Dan maaf untuk Ukhty L, dari dua pertanyaan antum, baru satu yang bisa saya jawab sekarang, insya Allah, satunya menyusul).

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Assholatu wassalamu ‘ala Rosulillah shollallahu ‘alaihi wasallam.

Selalu begitu bukan? Penyebab marah tidak jauh-jauh dari orang-orang disekitar kita. Namunpun begitu, saya percaya, bahwa amarah bukanlah hal yang mustahil untuk diatasi. Diatasi di sini, bukan untuk dihilangkan. Karena marah adalah bagian dari tabi’at manusia. Ianya tidak akan bisa dihilangkan. Tapi setidaknya ia bisa dikendalikan. Dalam sabdanya, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam berkata:

“Apabila salah seorang dari kalian marah dalam kondisi berdiri maka hendaknya dia duduk. Kalau marahnya belum juga hilang maka hendaknya dia berbaring.” (HR. Ahmad, Shohih)

Saya pernah mempraktekan ini, namun ternyata saya masih juga dapat dikalahkan oleh setan. Rasa marah tetap menuntut untuk diteriakkan. Padahal setelah teriak juga hanya peroleh nafas yang terengah-engah. Capek!

Setiap sore, jam 16:00 hingga 19:30-an saya harus berhadapan dengan anak-anak yang tingkat kenakalannya berbeda. Jumlahnyapun tidak sedikit. Diatas sepuluh. Kadang satu teratasi satu lagi kambuh. Jadi disini saya benar-benar dituntut untuk bersabar. Yang kadang masih gagal.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ada seorang lelaki berkata kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Berilah saya nasihat.” Beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan marah.” Lelaki itu terus mengulang-ulang permintaannya dan beliau tetap menjawab, “Jangan marah.” (HR. Bukhari).

Sekali lagi, anjuran Rasulullah yang mulia itu masih sering terabaikan begitu saja. Jujur saja, saya orangnya JUDES.

Sudah bertahun-tahun rasanya saya berdoa pada sujud akhir sholat, meminta agar Allah menggantikan hati keras saya dengan hati yang lemah lembut, namun sepertinya Allah belum mengabulkan jua.

Hingga suatu hari, saya mencoba tipz yang lain. Yang saya sapat dari beberapa sumber. Dan Alhamdulillah, ketika saya mencoba mempraktikannya, ianya tidak mengecewakan. Yang saya coba lakukan adalah;

Ketika marah hampir sampai diubun-ubun segera pegang dada dengan telapak tangan, ucapkan lafadz Allah, Allah, Allah. Insya Allah, ianya meredakan.

Lalu sambungkan dengan Sholawat kepada Nabi-Nya. Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam. Insya Allah mendinginkan.

Baca juga Ta’awud. A’udzubillahiminnasysyaithonirrojiim…

Dan berwudhu. Ini sangat penting. Atau minimal cuci muka. Insya Allah, ianya menyejukkan. Cobalah Prends, semoga membantu…

Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan itu dijadikan dari api, dan yg dapat memadamkan api hanyalah air, maka apabila seseorang dalam keadaan marah, hendaklah segera berwudhu [HR. Ahmad dan Abu Daud].

Wallahu’alam. Semoga bermanfaat.

Ustadz/Ustadzahnya, mohon koreksi dan tambahannya. Syukron…

By: Qq Cakep

Kamis Malam, 24 Sept 2009

Iklan

Responses

  1. kalau saya, langsung kabur dari hadapan yg membuat marah, hehehe…dan tentunya sambil beristighfar.

  2. qqcakep said: Seringkali ingin menelan manusia yang bikin ulah hidup-hidup

    hii serem :Dbtw syukron for share

  3. thanks yah info na sist

  4. Astaghfirullah….*sambil di diamkan dulu. Amarah di lawan amarah jdnya perang dunia ke 3 ^_^

  5. Makasih ya sharingnya..Ada cara mengendalikan ego dan bersikap ikhlas?

  6. sukron qq… semoga bermanfa,af amin

  7. yukinahawmie13 said: kalau saya, langsung kabur dari hadapan yg membuat marah, hehehe…dan tentunya sambil beristighfar.

    Ingat lagunya Sheila on 7? Gini, ‘Bila kumarah tetaplah disini jangan kau pergi tinggalkan aku. Bila kuramah biarkanlah kubersandar jangan kau pergi untuk menghindar..’ Nah loh? Hikz…

  8. yaufaniadam said: hii serem :Dbtw syukron for share

    Wekekekekeke.. belum ada taring kok Akh 😀

  9. zakia3ana said: thanks yah info na sist

    U R Welcome Sista, Eh? Ini termasuk info ya? Hm…

  10. ivoniezahra said: Astaghfirullah….*sambil di diamkan dulu. Amarah di lawan amarah jdnya perang dunia ke 3 ^_^

    Hehe… udah pernah kena ya Ukhty Ivonie? Hikz…

  11. ochayank said: Makasih ya sharingnya..Ada cara mengendalikan ego dan bersikap ikhlas?

    Insya Allah ada. Perlu pelatihan lebih lagi. Semoga Allah memudahkan. 🙂

  12. liya715 said: sukron qq… semoga bermanfa,af amin

    Sama” Ukhty Liya. Amiin yaa Allah. 🙂

  13. Luar binasa. Tp malah mendewasakan hati…*halah ^_^

  14. ivoniezahra said: Luar binasa. Tp malah mendewasakan hati…*halah ^_^

    Maaf ya Jeng. Waktu itu memang sedang berada dipuncak sensitif. Genap 10 hari hutangku. Hikz…

  15. Hohoho i see. Lg pula aq thu kok,ancen aku ajah lg njarak juga hi hi hi kena batunya, bru nyahok kelabkan ^_^

  16. qqcakep said: Ingat lagunya Sheila on 7? Gini, ‘Bila kumarah tetaplah disini jangan kau pergi tinggalkan aku. Bila kuramah biarkanlah kubersandar jangan kau pergi untuk menghindar..’ Nah loh? Hikz…

    udah jarang mendengarkan lagu,mbak 🙂

  17. ivoniezahra said: Hohoho i see. Lg pula aq thu kok,ancen aku ajah lg njarak juga hi hi hi kena batunya, bru nyahok kelabkan ^_^

    Yo wes lah ra sah dibahas neh. Tapi kok sejak iku dewe rung tau ketemu neh yo? 😀

  18. yukinahawmie13 said: udah jarang mendengarkan lagu,mbak 🙂

    Sama la Say. Qq juga lama gak dengernya . Tapi insya Allah masih ingat lagu” yg pernah didengar dimasa muda dulu. hehe… 😉

  19. Minggu ke markas khan? Waduh, aku kebgian bwa melon ijo jeng :-D. Dikau bwa apa?

  20. ivoniezahra said: Minggu ke markas khan? Waduh, aku kebgian bwa melon ijo jeng :-D. Dikau bwa apa?

    Kemarin di telepon oleh Mbak Inayah. Tapi belum sempat beliau selesai bicara Qq udh blng, bahwa Qq tidak ke markas. jadi kemungkinan Qq blm bisa kesana. Ada sesuatu yg mesti di selesaikan.

  21. biar gak cepet marah?kalo ada yg marah, qq loncat2 aja. hehehe

  22. antonovskiy said: biar gak cepet marah?kalo ada yg marah, qq loncat2 aja. hehehe

    Hehe, ntar dikira monyet kurapan dunk :-p

  23. Assalamu’alaikum warahmatullah wa barakatuh. Gimana kbre nie. Luama ga dah cerita.MINAL ‘AIDZIN WAL FAIZIN-mohon maaf lahir n batin yaaach

  24. yadin06 said: Assalamu’alaikum warahmatullah wa barakatuh. Gimana kbre nie. Luama ga dah cerita.MINAL ‘AIDZIN WAL FAIZIN-mohon maaf lahir n batin yaaach

    Wa’alaikumsalamwarohmatullahiwabarokaatuhu… Alhamdulillah kabar baik sekali Akhy Yadin. Iyu lama menghilang, kemana saja? Taqobbalallahu minna waminkum… Mohon maaf lahir bathin juga ya Akhy…^_^

  25. jazakillah Qq 🙂

  26. perempuantangguh said: jazakillah Qq 🙂

    Waiyyakum Ukhty Rianty. 🙂

  27. Wah thanks Ki buat tips tipsnya…

  28. massol507 said: Wah thanks Ki buat tips tipsnya…

    Semoga bermanfaat Mas Massol 🙂

  29. qqcakep said: Semoga bermanfaat Mas Massol 🙂

    amin…tentu bermanfaat

  30. massol507 said: amin…tentu bermanfaat

    Alhamdulillah 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH – JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

Dari satu tempat ke tempat lain kita bercerita dan berkarya untuk Nusantara

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Mr. Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: