Oleh: Ida Raihan | 30 Desember 2009

Jadikan Aku Amnesia

Oleh: Ida Raihan

Kesempatan di dalam hidup memang tidak selalu menyuguhkan keindahan dan kesenangan. Ada tiba masanya manusia mengalami hal-hal pahit yang tidak diinginkan, sehingga terkadang ingin pindah saja ke dunia lain, dunia yang tidak mengenalkan pada bayang yang menyakitkan. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya menginginkan untuk menjadi amnesia saja, agar mampu melupakan hal-hal pahit yang pernah dialaminya.

Entah sudah berapa banyak anjuran-anjuran agar kita melupakan kenangan pahit masa lalu. Karena, selain tidak ada manfaat. Itu justru akan membuat kita semakin terpuruk. Namun terkadang ia begitu sulit untuk dilupakan. Ia masih saja suka muncul kembali diingatan kita meskipun kita telah berusaha untuk membuangnya jauh-jauh.

Seperti halnya yang saya alami beberapa waktu yang lalu, saya kembali berbenturan dengan kenangan silam. Rasanya sakit sekali bila mengingatnya, lebih merana lagi ketika saya mengingati, penyebabnya adalah orang yang sangat saya cintai. Saya merasa tidak kuat dengan ini. Saya ingin bisa melupakannya, karena saya takut akan membenci dan terus-menerus mengungkit-ungkit kesalahan yang dilakukan oleh orang yang saya cintai tersebut. Padahal kesalahannya juga bukan yang dia mau. Akhirnya dengan sadar, saya mengucapkan keinginan saya yang tunggal ketika itu. “Alangkah baiknya jika saya amnesia saja.”

Allah Maha Mendengar. Allah tidak tidur! Lebih kurang lima hari setelah itu ada kesalahan pada tubuh saya, sehingga harus bolak-balik pergi ke dokter. Klinik dan rumah sakit.

Hingga satu pagi, sepulang dari rumah sakit (untuk yang ke-empat kalinya saya harus pergi untuk bertemu dokter dalam seminggu), saya berjalan seperti biasa. Di lingkungan yang sehari-hari saya lewati, di tempat orang-orang yang saya kenali. Dan ketika langkah ini baru berkisar 10 menit, mendadak saya serasa kehilangan arah, tidak mengenali lingkungan. Dalam hati bertaya-tanya, Aku ada di mana?

Ketika bertemu dengan beberapa orang yang setiap hari berjumpa, otak ini hanya bisa membathin, ‘perasaan pernah melihat orang ini, tapi di mana…

Akhirnya saya putuskan untuk berdiri memandang sekeliling. Tetap tiada satu halpun yang saya kenali. Beruntung itu tidak berlangsung lama (sekitar 10 menit), saya kembali menemukan kesadaran saya. Astaghfirullah, padahal saya sudah berada di bawah bangunan sendiri. Buru-buru saya melangkah memasuki pintu gerbang, sambil bertanya-tanya dalam hati. Apa yang barusan saya alami? Mengapa bisa begini? Namun saya tidak menemukan jawabannya.

Hingga siang kemudian, saya bertemu dengan suami tercinta di YM.

“Ini akibat kurang darah.” Ucapnya. Ya, hasil periksa dokter memang mengatakan saya kekurangan darah.

“Jadi sirkulasi nutrisi keotak terhambat. Jadi amnesia ringan.” Allah, terkabullah amnesia yang saya inginkan. Rasa takut langsung muncul dalam benak saya. Jangan lagi Allah. Tidak mau lagi. Saya tidak mau amnesia.

Subhanallah, begitu banyak nikmat yang Allah berikan, namun jika satu saja yang dicabut, meskipun hanya sesaat, ternyata sengsaralah kita. Bisa lupa lingkungan, lupa jalan pulang, lupa diri sendiri, lupa teman, sahabat, kekasih, keluarga, dan yang mengkhawatirkan lupa pada Al-Qur’an dan Pencipta. Naudzubillah…

Sungguh tidak enak sekali kehilangan ingatan kawan, percayalah, jika Allah mengujimu dengan ujian yang menyakitkan, itu adalah bentuk lain kasih-sayang-Nya kepadamu. Jangan pernah meminta untuk menjadi amnesia.

Dan sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi itu sebagai perhiasan, agar kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik amal perbuatannya.[QS Al-Kahfi:7].

Dhuha time.

Rabo, 30 Desembe 2009.

Iklan

Responses

  1. ceritanya hikzzz mengingatkan aku padanya dia juga pernah mengucapkan berkali2 meminta supaya amnesia supaya hilang semua yang pernah terjadi smoga allah melindunginya, memberikan kesabaran dan ketabahan padanya izin copas ya ukht

  2. cahayaimani said: ceritanya hikzzz mengingatkan aku padanya dia juga pernah mengucapkan berkali2 meminta supaya amnesia supaya hilang semua yang pernah terjadi smoga allah melindunginya, memberikan kesabaran dan ketabahan padanya izin copas ya ukht

    Tuhkan? Ternyata bukan diriku saja yang mengalaminya. Buanyak bahkan. Sila Ukhty. Semoga bermanfaat 🙂

  3. qqcakep said: Tuhkan? Ternyata bukan diriku saja yang mengalaminya. Buanyak bahkan. Sila Ukhty. Semoga bermanfaat 🙂

    apakah ukhti juga pernah mengatakan hal yg sama … ?

  4. cahayaimani said: apakah ukhti juga pernah mengatakan hal yg sama … ?

    Lha inikan kisah ana Ukhty 😀

  5. weks … olala kirain kisah tetangga sebelah hehe afwan ukhty loading mikirnya lama ^_^!

  6. cahayaimani said: weks … olala kirain kisah tetangga sebelah hehe afwan ukhty loading mikirnya lama ^_^!

    Hehe… mungkin kerana ada nama Ida Raihan ya? Hikz… itu nama ana Ukhty 😀

  7. Ya ampun mba qq, aku salah satunya, setiap mengingat semua kejadian yang tidak mau saya ingat saya hanya menginginkan 2 hal amnesia atau (adalah tidak pantas disebut)… Tapi ini lah hidup, ada manis dan pahit 🙂

  8. nurinautami said: Ya ampun mba qq, aku salah satunya, setiap mengingat semua kejadian yang tidak mau saya ingat saya hanya menginginkan 2 hal amnesia atau (adalah tidak pantas disebut)… Tapi ini lah hidup, ada manis dan pahit 🙂

    Hehe…, sungguh tida enak sekali Ukhty. klo bisa jangan lakukan itu lagi. Mbak Qq sendiri kapok pok… Hik…

  9. qqcakep said: Hehe…, sungguh tida enak sekali Ukhty. klo bisa jangan lakukan itu lagi. Mbak Qq sendiri kapok pok… Hik…

    iya mba aku sudah menyadarinya, semoga aku selalu kuat dalam menghadapi cobaan ini amin ^_^

  10. nurinautami said: iya mba aku sudah menyadarinya, semoga aku selalu kuat dalam menghadapi cobaan ini amin ^_^

    Amiin yaa Allah. Tetap semangat ya Ukhtyku sayang. Itulah kehidupan di dunia ini. Mesti tetap dijalani selama Allah masih berkehendak. Toh semenderita”nya kesakitan di dunia ini, ianya hanya 1 % saja. Yang 99% nanti di akhirat (semoga kita terhindar darinya).

  11. makasih mba syukron jazakumullah khairon khasiron

  12. nurinautami said: makasih mba syukron jazakumullah khairon khasiron

    Waiyyakum Ukhty Nuri. Amiin yaa Allah.

  13. qqcakep said: Hehe… mungkin kerana ada nama Ida Raihan ya? Hikz… itu nama ana Ukhty 😀

    hmmm salam kenal ya ukhti ida 🙂

  14. cahayaimani said: hmmm salam kenal ya ukhti ida 🙂

    Salam kenal lagi? Bukannya kita dah kenal sejak lama UKhty Ima? Hikz… Keep ukhuwah ^_^

  15. qqcakep said: Salam kenal lagi? Bukannya kita dah kenal sejak lama UKhty Ima? Hikz… Keep ukhuwah ^_^

    hehe afwan maklum dah tua, daya ingatnya rada2 karat dikit ^_^!

  16. cahayaimani said: hehe afwan maklum dah tua, daya ingatnya rada2 karat dikit ^_^!

    Hoho…, tapi jangan sampe kerana pengaruh amnesia ya Nek :-p?

  17. qqcakep said: Hoho…, tapi jangan sampe kerana pengaruh amnesia ya Nek :-p?

    hehe ..tega nian di panggil nenek hikzzz

  18. cahayaimani said: hehe ..tega nian di panggil nenek hikzzz

    😀

  19. oh qq kuh ceritanya lagi kekurangan darah nih…ya gigit aja manusia yg ada di samping qq kuh…hehehe

  20. cupluk0025 said: oh qq kuh ceritanya lagi kekurangan darah nih…ya gigit aja manusia yg ada di samping qq kuh…hehehe

    Gak ah. Kasihan kalau orang di dekat Qq. Kalau Mas Eko saja gimana? Siap jadi kurban? Hikz…

  21. gak ah..nanti aq ikutan jadi drakula hiiii..iar qq kh aja dah..

  22. cupluk0025 said: gak ah..nanti aq ikutan jadi drakula hiiii..iar qq kh aja dah..

    Wekekekekek… tega deh. Qq gak akan jd drakula. Mau jadi bidadari surga. He..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

DARI SATU TEMPAT KE TEMPAT LAIN KITA BERCERITA DAN BERKARYA UNTUK INDONESIA

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: