Oleh: Ida Raihan | 15 April 2013

Butuh Kejelian Lebih Untuk Menjadi Konsumen Cerdas

Pernah membaca sebuah tulisan di sebuah catatan facebook seorang teman. Kalimat itu kurang lebih begini, “Jika Indonesia diserang, negara tetangga yang pertama akan membantu adalah Jepang dan China. Kenapa? Karena Indonesia adalah negara yang memiliki paling banyak penduduknya. Dan Indonesia masuk ke barisan negara konsumen terbesar di dunia. Kalau Sampai Indonesia hancur, maka Jepang dan China akan turut dirugikan, karena barang produksi mereka tidak akan laku sebanyak jika masyarakat Indonesia ada.

Jika dilihat dari fakta di sekeliling tempat tinggal kita pasti banyak orang yang akan mengangguk setuju pada ungkapan di atas. Bukan untuk perbantuan kedua negara tersebut, melainkan untuk kerugian yang akan mereka terima. Coba Anda perhatikan apa saja perabotan yang ada di rumah Anda? Jika ada produk dalam negeri, bisa jadi tidak lebih dari sepuluh persen. Apa yang Anda saksikan ketika berada di mall-mall ataupun pasar-pasar? Kebanyakan produk luar negeri. Bahkan peralatan dapur kita juga hampir kebanyakan produk dari luar negeri. Seperti piring, gelas, sendok. Made In China, Made In Japan. Dan lain-lain. Itu adalah sedikit gambaran bahwa kita orang Indonesia memang pantas disebut dengan sebutan penduduk konsumen terbesar. Tidak masalah tentu saja. Toh kita memang mampu untuk itu, dan selama barang-barang tersebut memenuhi standarisasi negara Indonesia (SNI) tidak ada salahnya.

Sebagai konsumen, yang perlu perhatikan baik-baik adalah, barang apa saja yang akan dibawa pulang untuk melengkapi kebutuhan kehidupan rumah tangga. Kesehatan, keamanan, dan keselamatan (K3L)nya harus terjamin agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk yang dibutuhkan sebelum membeli. Jika itu barang elektronik, cermati dengan benar kegunaannya, dan bagaimana menggunakannya. Taruh di mana yang paling tepat. Apa saja yang harus dijauhkan daripadanya. Terakhir, jangan lupa garansinya.

Dan kalau itu makanan, maka yang diperlukan adalah kehati-hatian lebih. Karena makanan tersebut akan dikonsumsi untuk tubuh. Jangan sampai makanan yang masuk ke dalam tubuh merupakan makanan yang sudah kadaluwarsa, yang dapat menyebabkan sakit. Belilah makanan yang masih segar, kalaupun terpaksa harus membeli makanan yang sudah diawetkan, maka pilihlah yang tanggal kadaluwarsanya masih lama.

Begitu juga jika yang dibeli adalah kosmetik. Memilih kosmetik juga tidak jauh beda dengan memilih makanan yang sehat. Konsumen harus mengetahui kadar keamanan barang tersebut sebelum dibeli. Jangan sekadar mengikuti trend dan iklan di televise yang begitu menggiurkan. Yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit tubuh, terutama wajah yang menjadi bagian besar daya tarik seorang wanita. Perhatikan juga kode pembuatan dan kadaluwarsanya. Terbuat dari bahan-bahan apa saja. Belilah di tempat yang terjamin keaslian dan keamanannya mengingati di zaman ini, banyak sekali pemalsuan terhadap produk-produk tertentu. Karena jika sampai salah memilih, akibatnya juga bukan wajah cantik mulus yang didapat, tetapi sebaliknya, dapat membuat wanita merasa minder seumur hidup.

Terakhir, untuk menjadi konsumen yang cerdas sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja perlu kejelian lebih jika ingin selamat.

                                                                     Ida Raihan

                                                                     Kramat Jati, Senin 15 April 2013 (12:06)

Mudah-mudahan belum telat: http://ditjenspk.kemendag.go.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

DARI SATU TEMPAT KE TEMPAT LAIN KITA BERCERITA DAN BERKARYA UNTUK INDONESIA

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: