Oleh: Ida Raihan | 20 Mei 2013

Amnesia Sesaat (Tulisan Dari Blog Lama)

Aku masih fokus dengan ketikan dan sekali-kali menengok FB sore ini. Ketika tiba-tiba kurasakan bumi di sekelilingku berputar, kepalaku pening sejenak, pandanganku berkunang. Gempa, aku membatin.
“Mbak!” Panggilku pada teman-teman di sekitar.Sedikit gugup.
“Kenapa?” Tanya Ayu, salah satu rekan yang berada di bagian Crisis Center Migrant Institute.
“Ada apa, Mbak?” Tanya Mbak Puji.
“Barusan.” Kataku. “Bumi berputarkan?”
“Tidak.”
“Baru saja.”
“Tidak.” dan semua menegaskan bahwa bumi memang tidak berputar. Tidak ada gempa yang tengah melanda.
“Karena semua nggak ada yang merasakan, berarti kamu yang bermasalah.” Kata Biyah.
“Kamu periksalah, Da.” Kata Ayu lagi. Ya, periksa… mungkinkah memang itu yang harus kulakukan?

Terhitung sejak, Sabtu 9 Maret 2013 aku memang merasakan ada keanehan dalam diriku. Kepalaku sakit bukan main saat aku sedang duduk di kursi di Senayan pada acara IBF. Aku yang semula akan bertemu dengan salah seorang sahabat dari salah satu group di FB, Wilvika Imran, akhirnya tidak bisa melanjutkan niat tersebut karena kondisi kepala rasanya semakin sakit, dan pandanganku mulai mengabur. Aku takut terjadi sesuatu di sana. Maka, sebelum terjadi apa-apa denganku, aku putuskan untuk pulang ke kostan. Aku tidak ingin pingsan di depan umum, karena itu hanya akan menggambarkan betapa lemahnya diri ini.
Sampai dikostan, jam menunjukkan beberapa menit jelang maghrib. Aku langsung membaringkan tubuh. Pada saat itulah kakak perempuanku, Siti Halimah, menelepon. Tak mampu menahan rasa sakit, akhirnya aku menangis ketika dia menanyakan keadaanku.


“Kamu jangan nangis, Da. Aku juga sedih kalau kamu menangis gitu.” Kata kakakku. Dia tidak bisa datang, karena itulah aku tetap harus sendirian.
Hingga terakhir aku melihat jam ada di angka 22:00 sebelum akhirnya aku ketiduran.
Pagi harinya, aku terbangun pukul 05:00. Aku berniat mengetik, tetapi kepalaku masih berat, akhirnya kuputuskan untuk mandi dengan mengguyur kepala dengan air dingin. Berharap itu akan menghilangkan rasa sakit yang mendera. Sekalian mandi kucuci semua pakaian kotorku.
Setelah semuanya beres, aku mempersiapkan diri untuk latihan Akupuntur di Depok. Latihan ini sudah menjadi rutinitasku sejak Februari lalu, Kawan. Jadi setiap libur Sabtu dan Minggu, aku selalu ke sana jika tiada halangan.
“Dengan mengendarai angkot 08 warna merah, aku melincur ke Pasar Rebo.
Tidak lama kemudian, aku mendengar Pak Sopir berkata “Habis, Neng.” Dan ternyata semua penumpang sudah tidak ada di sana.
“Iya, Pak.” Sahutku pelan, seraya turun dari angkot. Akupun berjalan menyebrangi jalanan. Pada saat itulah, tiba-tiba aku mengalami kejadian yang tidak aku mengerti. Tiba-tiba aku merasa asing dengan semuanya. Aku bingung dengan kondisi. Aku tidak tahu, sedang ada di mana, dari mana, dan mau kemana? Aku orang mana? Berkali-kali kepalaku kuguncang ke kanan-kiri hingga menimbulkan perhatian beberapa orang. Berkali-kali kuketuk-ketuk keningku sekedar untuk tahu siapa diriku, dari mana aku, mau kemana, dan sedang ada di mana aku saat itu. Namun, tetap tidak ada jawaban.
Akhirnya aku memutuskan untuk diam. Diam beberapa saat, tanpa mengingat apapun. Pada saat itulah, aku kembali pulih. Aku sadar, bahwa aku adalah Ida Raihan, Perantau dari Lampung, dan tinggal di Kampung Tengah. Saat itu dalam perjalanan hendak ke Depok. Saat itu baru sampai di Pasar Rebo. Tanpa mengulur waktu, aku segera menyebrang jalan menuju angkot 112 jurusan Depok.
Dalam hati aku bertanya-tanya, apa yang terjadi denganku? Kenapa hal ini terjadi? Apa yang salah denganku?
Adakah orang yang pernah mengalami hal semacam ini? Aku hanya takut amnesia, karena aku tiada siapa-siapa di rantau ini…


Ida Raihan
Kramat Jati, Kamis, 21 Maret 2013 (17:22)
Tinggalkan Balasan

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

DARI SATU TEMPAT KE TEMPAT LAIN KITA BERCERITA DAN BERKARYA UNTUK INDONESIA

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

