Oleh: Ida Raihan | 1 Juli 2013

Ketika Mimpimu Hanya Sebuah Angan Siang

Ketika mimpimu yang begitu indah…
Tak dapat terwujud.. YA SUDAHLAH…
Saat kau berlari mengejar anganmu, dan tak pernah sampai, YA SUDAHLAH…
Apapun yang terjadi, ku kan slalu ada untukmu… (aku mengganti liriknya menjadi ‘Dia kan slalu ada untukmu…’)
Janganlah kau bersedih coz everything gonna be oke
Malam ini, katika saya sedang mendiskusikan sebuah rencana dengan seseorang, hati ini digerakkan oleh sebuah tanya yang sejak kemarin belum terjawab. Sebelumnya, saya memiliki sebuah mimpi. Mimpi yang indah bersamanya. Tetapi kenyataan kini, saya harus sadar, bahwa terkadang, mimpi itu akan digagalkan oleh keterjagaan. Maka saya putuskan, YA SUDAHLAH, mungkin ini rangkaian yang harus saya lalui sebelum sukses.
Saya teringat pada sebuah SMS lama, dari nomor asing yang masuk ke ponsel saya. Bunyinya, “Kak.. menjaga hati itu sulit tidak? Salahkah ana, jika ana mengagumi orang yang baik agamanya? Patutkah ana sedih ketika dia harus pergi meninggalkan ana? Sulit ana memaknai semua ini.”
Deg! Hati saya tersentak. Gadis ini tengah mengalami patah hati. Ah… saya sudah mengalaminya. Dan memang sakit sekali. Maka jawaban saya adalah,
“Sulit, sulit sekali. Karena setan selalu menghalangi kita. Mengagumi seseorang? Kekaguman itu seharusnya hanya ditujukan kepada Allah. Namun kala rasa kagum muncul di hati kita terhadap makhluk Allah, siapa yang mampu mencegahnya? Kalau menurut Kakak, itu tidak salah, karena perasaan itu muncul begitu saja. Di luar kehendak kita. Terkait dengan dosa dan tidaknya, wallahua’lam. Hanya Allah yang Maha Tahu.
Patutkah kita sedih kala ia pergi? Cinta.. (saya memanggilnya dengan sebutan Cinta, karena saya belum tahu siapa dia) apa yang bisa kita lakukan dengan kesedihan ini? Sedih juga bagian dari diri kita. Jika posisinya seperti ini, semua orang pasti akan merasakan itu. Tetapi, ada hal yang lebih patut untuk kita kerjakan dari pada memelihara kesedihan itu. Yaitu berusaha untuk menghilangkan kesedihannya. Sulit memang, tapi insya Allah, kita pasti bisa.”
Tidak dipungkiri, ketika kita memimpikan sesuatu yang indah, namun yang mewujud di hadapan kita berupa kegagalan rasanya memang sangat sakit. Dunia ini seperti telah memusuhi. Mungkin sebagian orang bisa lantas berfikir, YA SUDAHLAH, itu hanya merupakan mimpi siang bolong yang harus segera dilupakan. Harus bangkit dan mengejar mimpi lain yang masih menunggu. Tetapi bagi yang belum siap, bisa saja itu sebuah pukulan yang maha berat.
Mencermati penggalan lagu di atas, ada sebuah nasehat di sana. Apapun keinginan manusia, jika Allah belum berkehendak, maka semua akan gagal. Namun percayalah, kegagalan tersebut bukan berarti kesia-siaan. Ya, benar. Kita tak harus menjadi pecundang dengan tidak memaafkan sebuah kegagalan dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Karena itu justru akan menjadi beban bagi diri sendiri. Maka melapaskannya dari hati adalah pilihan yang tepat. Dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif. Fokus memperbaiki diri, dengan menghafal Ayat-ayat cinta-Nya, misalnya, mencari perlindungan pada Allah. Dan berfikir seperti yang disampaikan oleh penggalan lagu di atas tidak ada salahnya. YA SUDAHLAH kalau memang harus begini. Lalu memulai sesuatu yang baru. Yang lebih bermanfaat.
YA SUDAHLAH, Allah pasti punya rencana yang lebih baik. YA SUDAHLAH, tak perlu lagi memikirkan kegagalan. YA SUDAHLAH, pasti akan sukses di depan. Sambil terus mengingati dan meminta pertolongan-Nya. Karena di dalam firman-Nya, Allah berkata,” (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. [QS: 13 Ayat 28.]
Jadi, ketika mimpi indah belum bisa terwujud, YA SUDAHLAH. Biarkan itu. Kita masih bisa memulai mimpi yang baru.
Ida Raihan
Kramat Jati, Ahad, 30 Juni 2013 (23:01)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

My Blog

My WordPress Blog

evRina shinOda

CORETAN LAIN BLOG EVRINA

Aksara Nomaden

Merindukan itu nyata. Mengulang kenangan hanya utopia.

TERANG DIARY

catatan sehari-hari terang

Right-Magic!

Merekah kedalaman dalam pikir

FOTOCOPY PERCETAKAN PRINTING MURAH JAKARTA

Percetakan | Fotocopy | Penjilidan | Printing | Desain | Finising| ATK Dll

PERCETAKAN JAKARTA PUTRA MANDIRI

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

Cha Fitoria

Let's Love...

Catatan Kenangan

Serba-serbi jejak yang tertulis

Impossible

Selamat Datang , dan Terimakasih Telah Berkunjung

Bacotan Madi Amplang

karena kamu baca artikel ini,akan aku jadikan kamu istriku

Sandry Boy Sandy

Berpikir Kritis, Menggali Kreatifitas, Tidak Pernah Mengeluh Dan Tetap Semangat, Serta Tetap Tersenyum Meski Tersenyum Dalam Kesedihan

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

CERITA PRIBUMI

Dari satu tempat ke tempat lain kita bercerita dan berkarya untuk Nusantara

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

Perjalanan Menuju-Nya

kugesa ridha-Mu dengan asa yang tak berujung

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

%d blogger menyukai ini: